Program RW Mandiri, Dari Masyarakat Untuk Masyarakat

JABAR NEWS | BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengunjungi kawasan Kelurahan Cigending kecamatan ujung Berung Kota Bandung, Sabtu (04/02/17).

Kunjungan mang Oded sapaan akrab wakil Wali kota tersebut sekaligus melaunchingkan Program RW Mandiri di RW 09 di Kelurahan Cigending.

“Saya berharap program Kota Bandung ini bisa membawa keseimbangan, baik pembangunan kapital maupun sosial,” ucap Oded.

Baca Juga:  Gagal Nyalip, Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk

Program RW Mandiri  tersebut merupakan upaya membangun keswadayaan masyarakat melalui infaq dan shadaqah. Setiap minggu, satu RT bisa mengumpulkan hingga Rp3 juta atau lebih yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan.

“Dari pemerintahnya ada PIPPK (Program Inovasi Pembangunan Pemberdayaan Kewilayahan-red), dari warga ada RW mandiri. Ini menunjukkan bahwa potensi umat sesungguhnya ada pada diri mereka sendiri,” tuturnya.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Subang, Karawang Hari Ini, BMKG Prediksi Cuaca Akan Begini

Mang Oded menambahkan Kreativitas  serta kementerian yang dihimpun dalam program RW Mandiri inilah yang dapat membantu segala kebutuhan yang ada di masyarakat.

“Segala kebutuhan masyarakat nantinya dapat dipenuhi oleh masyarakat itu sendiri, kita sebagai pemerintah menciptakan sistem” jelas Mang Oded.

Untuk pengawasan program ini mang Oded menjelaskan program ini di awasi, dibangun serta diciptakan oleh masyarakat, mengenai teknis program serta kegiatan shadaqah perbulan diserahkan kepada Masyarakat yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Soal Tidak Matangnya Perencanaan Anggaran Desa, Ini Penjelasan Ketua Apdesi Cianjur

“Dari masyarakat untuk masyarakat oleh masyarakat, pengawasan nya diserahkan kembali ke masyarkat, saya harap pengurus RW tidak direkomendasikan untuk menjadi pengurus program ini supaya tidak timbul kecurigaan” tandasnya.(Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat