Kapolri Sigit Beberkan Fungsi Rekayasa Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2023

Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kantor PP Persis, Bandung, Sabtu (15/4/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya terus mematangkan kesiapan serta melakukan evaluasi dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

Sigit mengungkapkan, kesiapan yang terus dibahas dan dilakukan diantaranya terkait dengan penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa Contra Flow, One Way, hingga Ganjil-Genap saat arus mudik-balik Lebaran 2023.

Baca Juga:  Ribuan Karyawan PT Dada Cemas, Perusahaan Terancam Bangkrut

“Walaupun pada puncak arus, pasti akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya. Sehingga kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil-genap, one way, contra flow sampai rekayasa-rekayasa yang lain,” kata Sigit usai memberikan bantuan sembako di Kantor PP Persis, Bandung, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga:  Keren, Program Pemkot Bandung Buruan Sae Jadi Sorotan Dunia Internasional

Sigit menjelaskan, strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol tersebut perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar. Apalagi, pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

Baca Juga:  Meski Alami Kenaikan Harga, Stok Kacang Kedelai di Kota Bandung Dipastikan Aman

“Ini semua kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat,” ujar Sigit.