Sebanyak 781 Calhaj di Purwakarta Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Manasik Haji
Kegiatan bimbingan manasik Haji di Pondok Pesantren Sirojul Falah, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok. Kemenag Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bimbingan manasik haji untuk ratusan Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang dilaksanakan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta telah berakhir.

Hal tersebut ditandai dengan kegiatan penutupan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Purwakarta yang ditutup secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Ajam Mustajam di Pondok Pesantren Sirojul Falah, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Pada Sabtu, 27 April 2024.

Baca Juga:  Dugaan Kasus Korupsi Desa Pangkalan, Polres Purwakarta Panggil Kades dan 7 Saksi Lainnya

Kepala Kemenag Kabupaten Purwakarta, Dr. H Hanif Hanafi menerangkan, manasik merupakan suatu hal yang penting bagi para calon jemaah, sehingga para jemaah dapat mengetahui dan dapat menjalankan ibadah sesuai dengan rukun wajib yang sesuai dengan ketentuannya.

Baca Juga:  Operasi Ketupat Lodaya 2024 Berakhir, Kemenag Purwakarta Sampaikan Hal Ini untuk TNI-Polri

“Bimbingan manasik ini menjadi penting, terlebih untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kesiapan dalam mengamalkan rukun wajib haji nanti,” Ujar pria yang akrab disapa Hanif itu, saat ditemui usai penutupan bimbingan Manasik Haji di Pondok Pesantren Sirojul Falah, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Pada Sabtu, 27 April 2024.

Baca Juga:  Duh! Masyarakat di Purwakarta Keluhkan Banyaknya Pengguna Knalpot Brong

Menurut Hanif, bimbingan manasik haji untuk calhaj dilaksanakan selama 8 kali yakni 2 kali di tingkat Kabupaten dan 6 kali di tingkat Kecamatan yang dimulai 20 April 2024 hingga 27 April 2024.