Setiawan Wangsaatmaja: Lingkungan Pengaruhi Derajat Kesehatan Masyarakat di Jabar

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menghadiri peringatan Hari Perumahan Nasional Tahun 2023 di halaman depan kantor Disperkim Jabar, Kota Bandung, Kamis (24/8/2023).(Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan bahwa faktor lingkungan mempengaruhi terhadap derajat kesehatan masyarakat Jabar.

Menurut Setiawan, berdasarkan teori H.L. Blum, menyebutkan, bahwa derajat kesehatan ditentukan oleh 40 persen faktor lingkungan, 30 persen faktor perilaku, 20 persen faktor pelayanan kesehatan, dan 10 persen faktor genetika (keturunan).

Baca Juga:  Keren! Pusat Zakat Umat Buka Layanan Drive Thru ZIS, Catat Lokasi dan Waktunya Disini

Oleh karena itu, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar memiliki peran strategis terhadap derajat kesehatan masyarakat Jabar.

“Disperkim itu ada di lingkungan dan faktor lingkungan berkontribusi terhadap kesehatan sebesar 40 persen, yang 30 persen perilaku,” kata Setiawan di halaman depan kantor Disperkim Jabar, Kota Bandung, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga:  Kritisi Kenaikan UMK, Fraksi PKS DPRD Jabar Singgung Kesejahteraan Buruh: Jelas Tidak Berpihak!

“Oleh karena itu kalau kita melihat lebih detail lagi faktor-faktor lingkungan ini, di antaranya adalah tugas-tugas dari Disperkim,” tambahnya.