Terombang Ambing Selama Tujuh Jam, Nelayan di Nias Utara Ditemukan Selamat

Basarnas Nias
Nelayan asal Nias Utara dievakuasi Basarnas Nias. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | NIAS UTARA – Seorang nelayan di Kabupaten Nias Utara bernama Amir Khan Gea berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat setelah 7 jam berombang ambing di laut setelah mengalami mati mesin hingga terbawa arus.

“Korban berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di perairan Desa Muawe, Kota Gunungsitoli,” ujar Humas Basarnas Nias, Asanimu Waruwu, Rabu (10/5/2023).

Dia mengatakan, korban berhasil ditemukan nelayan Desa Muawe yang turut membantu pencarian korban. Setelah ditemukan, tim rescuer Basarnas Nias melakukan evakuasi korban untuk dibawa ke darat.

Baca Juga:  FWP Jabar Matangkan Kerjasama Pentahelix dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII

“Setelah dievakuasi, korban langsung diserahkan ke pihak keluarga,” papar Asanimu.

Sekretaris Desa Pino, Syaiful mengatakan, korban berangkat ke laut seorang diri mencari ikan di perairan pulau sarang Baung. Sampai siang hari korban tidak kembali ke darat. Sementara nelayan lainnya sudah kembali, hingga nelayan dan warga berusaha melakukan pencarian.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Segera Lantik Yana Mulyana Jadi Wali Kota Bandung, Paling Cepat Minggu Depan

“Nelayan dan warga ingin melakukan pencarian, saya larang karena cuaca tidak mendukung, terjadi hujan lebat, hingga pencarian ditunda,” ucapnya.

Kata dia, tiba-tiba mendapat kabar korban sudah ditemukan nelayan di Desa Muawe dalam kondisi selamat. Adanya kabar itu, nelayan dan Basarnas Nias langsung menuju losi untuk mengevakuasi korban.

“Korban cemas dan bingung karena terombang ambing di laut selama 7 jam setelah mengalami mati mesin kapal,” ungkap Syaiful.

Baca Juga:  Pengungsi Palu Berlindung Ke Gunung

Dia menambahkan, selama terombang ambing di laut, hujan deras terus mengguyur hingga korban terus menimba air yang masuk ke dalam kapal agar kapal yang dikemudikannya tidak karam.

“Korban takut kapalnya karam hingga terus menimba air yang masuk ke kapal, karena saat itu hujan deras turun dan korban tidak pandai berenang,” bilangnya. (Mad)