Tiga Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Ban Tubles Sering Kempes

JABARNEWS | BANDUNG – Ban tubeless menjadi salah satu pilihan favorit para pengendara sepeda motor. Ini dikarenakan jenis ban tubeless adalah jenis anti bocor. Namun meski namanya ban anti bocor yang cukup awet, terkadang ada kejadian di mana pengguna mengalami kondisi kempes tiba-tiba.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab ban tubles sering kempes yakni:

Pertama. Kondisi pentil ban motor yang kendor – Ban tubeless juga dapat mengalami kondisi kempes sewaktu-waktu. Salah satu faktornya dipengaruhi oleh pentil ban yang mungkin terpasang kurang rapat atau agak kendor.

Baca Juga:  Korban Beat vs Avanza Terima Santunan dari Jasa Raharja Perwakilan Purwakarta

Kondisi ini dapat membuat udara yang ada di dalam ban perlahan keluar ketika motor sedang digunakan berkendara. Maka Dari itu kalian harus sering memeriksa kondisi ban sebelum bepergian.

Kedua. Bocor Halus – Meski disebut-sebut sebagai ban anti bocor. Nyatanya ban tubeless juga bisa mengalami kondisi bocor halus sewaktu-waktu. Hal ini biasanya disebabkan ketika motor berjalan di area bebatuan atau berkerikil yang cukup tajam. Sehingga membuat lubang kecil pada ban tersebut bahkan mungkin tidak terlihat secara gamblang.

Baca Juga:  Awas Berbahaya! Cek Dulu Sebelum Masuk, Ada Situs Palsu Mirip Pedulilindungi

Bocor halus ini biasanya akan terasa setelah 1-2 hari penggunaan sepeda motornya. Di mana Anda perlahan akan merasa ban motor Anda kempes setelah digunakan untuk berkendara.

Ketiga. Debu dan Pasir Menempel pada Ban – Tak jauh berbeda dengan bocor halus yang disebabkan oleh batuan atau kerikil yang tajam. Debu dan pasir yang menempel pada ban tubles pun juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ban tersebut kempes.

Baca Juga:  Bukan Imbauan, BPBD Cianjur Minta Warga di Bantaran Sungai Jeli Baca Tanda Bencana

Butiran pasir atau debu ini biasanya akan mengisi ruang antara ban dan velg yang mana jika tidak segera dibersihkan hal tersebut dapat menimbulkan celah yang membuat udara dalam ban perlahan keluar. Akibatnya, ban motor Anda bisa kempes meski tanpa sadar. (Red)