Wali Kota Cirebon Ajak Warga Jaga Kebersihan

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Wali Kota Cirebon H. Nashrudin Azis, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan kota. Karena sesungguhnya permasalah sampah merupakan permasalahan bersama.

Hal tersebut diungkapkannya setelah viralnya foto sungai yang dipenuhi berbagai sampah persis di depan salah satu lokasi wisata yang ada di Kota Cirebon.

“Saya sudah perintahkan langsung kepada dinas terkait untuk segera melakukan pembersihan,” tegas Azis, Selasa (9/7/2019).

Azis juga mengaku sudah mendapatkan laporan jika sungai yang sebelumnya kotor kini sudah dibersihkan melibatkan berbagai unsur, mulai dari unsur pemerintah Kota Cirebon, masyarakat pecinta lingkungan dan lainnya.

Namun yang menjadi pertanyaan, lanjut Azis, yaitu sampai kapan kondisi sungai yang bersih itu bisa bertahan. Karena itu, Azis memohon agar masyarakat juga ikut berperan serta menjaga kebersihan, termasuk kebersihan sungai-sungai yang melintas di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Resmikan TTQ, Wagub Uu: Pendidikan Tahfidz Sejak Dini Membentuk Karakter

“Karena sesungguhnya persoalan sampah itu persoalan kita semua, warga Kota Cirebon,” ungkap Azis.

Dengan ujung tombaknya tentu saja Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui dinas terkait. Namun tanpa peran serta dari masyarakat, baik masyarakat yang tinggal di daerah hulu sungai maupun di sekitar sungai, kebersihan tersebut tetap tidak akan bisa terjaga.

“Jadi kalau ada orang yang buang sampah di sungai, tolong ditegur. Mari kita jaga bersama-sama kebersihan di sekitar kita,” ucap Azis.

Sementara itu Plt PSDA Dinas PUPR Kota Cirebon, Denny Rohmawan menambahkan, sampah yang bertebaran di Sungai Cipadu, persis di depan Keraton Kasepuhan, telah dibersihkan bersama-sama. Pembersihan selain dilakukan oleh Pemda Kota Cirebon melalui Dinas PUPR dan Lingkungan Hidup Kota Cirebon bersama-sama dengan masyarakat peduli lingkungan.

Baca Juga:  Pembebasan Bersyarat Abu Bakar Ba'asyir Dibatalkan

“Kalau dilihat dari jenis sampahnya, kebanyakan sampah rumah tangga,” ujar Denny.

Sebagai tindakan agar sungai tidak kembali kotor, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak kelurahan yang terdapat di sekitar sungai tersebut serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga kebersihan sungai.

Selain itu pihaknya juga akan memasang jaring, sehingga nantinya sampah akan terperangkap di jaring tersebut. Masyarakat juga diminta kesediaannya untuk ikut mengangkut sampah yang terperangkap di dalam jaring. Jaring rencananya akan dipasang di jembatan Pegajahan dan Jembatan Grubugan.

“Papan larangan membuang sampah ke sungai juga akan kita pasang,” kata Denny.

Ditempat yang sama, Ketua Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Kota Cirebon Dani Jaelani, mengungkapkan jika kebersihan sungai sebenarnya tidak hanya tugas dari pemerintah daerah semata.

Baca Juga:  Diduga Korsleting Listrik, Pasar Guntur Hangus Dilalap Si Jago Merah

“Namun juga tugas semua masyarakat Kota Cirebon untuk bersama-sama menjaga kebersihan, termasuk kebersihan sungai yang ada di sekitar kita,” ungkap Dani.

Selain melakukan pembersihan sungai hari ini, mereka juga akan melakukan aksi bersih-bersih Sungai Cipadu pada esok hari. Untuk langkah kedepannya, Dani meminta Pemda Kota Cirebon melalui dinas terkait untuk membuat dum, seperti yang dibuat di Jakarta.

“Untuk sementara jaring bisa, ke depannya bisa dibuatkan dum dengan biaya yang lebih terjangkau. Sehingga nantinya sampah-sampah akan terkurung di dum yang dilengkapi dengan pintu untuk pengambilan sampah. (One)

Jabar News | Berita Jawa Barat