• Kamis, 21 Oktober 2021

Liga 1 Kembali Bergulir, Ridwan Kamil: Itu Hiburan Rakyat, Kuncinya Prokes

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 15:46 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Kabar bergulirnya kembali Liga 1 Indonesia menjadi hal yang menyenangkan Bagi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia bersyukur, mengingat pertandingan sepak bola merupakan hiburan rakyat.

"Saya mah seneng banget, sudah lama tidak nonton bola. Itu hiburan rakyat ya, apa lagi kalau stres. Jadi kalau ada, kita syukuri," ungkap Kang Emil dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (26/8/2021).

Menurut Kang Emil, dilansir dari sindonews.com, dimulainya kembali Liga 1 sebenarnya tak berbeda dengan relaksasi yang mulai diterapkan di sejumlah sektor. Kuncinya, kata Kang Emil, penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Sama saja, mal buka, restoran buka, olahraga buka, tinggal prokes aja. Kalau ada penonton prokes, kalau ada pembatasan itu dilakukan, saya kira adaptasi kebiasaan baru ya gitu," ujarnya.

Seiring dimulainya Liga 1, Kang Emil pun menaruh harapan besarnya kepada kesebelasan kebanggaan warga Jabar, Persib. Dia sangat berharap, Persib kembali meraih juara di ajang sepakbola terbesar di Indonesia ini.

"Makanya saya menyambut baik digelarnya Liga 1, apalagi Persib, harus juara lagi ya, udah lama ya. Mudah-mudahan walaupun tanpa suporter dulu dan lain sebagainya, nggak ada masalah," ungkapnya.

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, dalam hal lainnya seperti pariwisata pun, sejumlah daerah yang sudah berstatus PPKM Level 2 di Jabar kini bisa kembali membuka tempat wisatanya dengan tetap menerapkan proses ketat dan sejumlah pembatasan.

"Namanya juga orang pengen piknik, yang penting pusat wisatanya membatasi diri dan kepala daerah bertanggung jawab terhadap pembukaan pariwisata secara perlahan," jelasnya.

Meski begitu, di tengah relaksasi saat ini, Kang Emil kembali mengingatkan masyarakat agar tidak euforia hingga berpotensi kembali memicu penularan COVID-19.

"Intinya jangan euforia. Dikit-dikit aja, itu (relaksasi) akan kami terapkan kepada semua tempat pariwisata," katanya.

Diketahui, Pertandingan perdana Liga 1 dimulai hari ini, Jumat (27/8/2021) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Untuk mengamankan jalannya pertandingan, sebanyak 341 personel dikerahkan.

"Jadwal kegiatan Liga 1 akan dilaksanakan besok, 341 personel yang kita turunkan untuk melakukan pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (26/8/2021).

Ratusan personel tersebut juga akan memastikan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan selama pertandingan. Polda Metro Jaya berharap suporter kedua klub tidak merusak jalannya kesepakatan terkait Liga 1. "Kami harap penonton mengerti, jangan sampai berakibat ke kesebelasan masing-masing," ucapnya. (Red)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

X