Terbukti Sehat Dengan Mencampurkan Bahan Dapur Ini Kedalam Shampo

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui bahwa ada berbagai macam bahan dapur yang bisa dijadikan sebagai bahan perawatan tubuh dan salah satunya perawatam rambut dan kulit kepala.

Anda mungkin sudah mencoba berbagai jenis sampo, namun masalah rambut tak kunjung usai. Sudahkah Anda mencoba keramas mengunakan garam Epsom? Selain cocok dilarutkan dengan air hangat untuk mandi, manfaat garam Epsom ini ternyata juga bisa menjadi sampo alami untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

Berbeda dengan jenis garam lainnya, garam Epsom mengandung campuran magnesium dan sulfat, dua mineral alami yang dikristalisasi dan berbentuk seperti garam. Senyawa inilah yang membuat garam Epsom berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit, tak terkecuali pada rambut.

Berikut di bawah ini adalah beragam manfaat garam Epsom untuk rambut, di antaranya:

Membuat Rambut Lebih Tebal

Manfaat garam Epsom yang satu ini tentu sangat dicari oleh Anda yang punya masalah rambut rontok atau kebotakan. Keramas menggunakan garam Epsom dapat membantu menambah volume rambut sehingga membuat rambut Anda tampak lebih tebal dan sehat. Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Namun, para ahli menduga bahwa ini ada kaitannya dengan penurunan jumlah minyak di rambut.

Baca Juga:  Soekirman Sampaikan Visi dan Misi ke DPD Nasdem Serdang Bedagai

Dikutip dari Livestrong, situs web Surviving Hair Loss mengungkapkan bahwa kulit kepala berminyak dapat menyebabkan rambut jadi gampang rontok. Ini karena ketombe yang dihasilkan dari tumpukan minyak di kulit kepala akan menghambat siklus pertumbuhan rambut secara alami. Akibatnya, rambut jadi mudah rontok dan rapuh.

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Dan Rambut

Magnesium adalah salah satu mineral yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Ini artinya, kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom juga dapat memberikan efek yang serupa.

Keramas menggunakan garam Epsom dapat membantu meningkatkan sirkulasi sekaligus melembapkan kulit kepala dan rambut. Menurut para ahli, area kulit yang memiliki banyak folikel rambut di dalamnya, seperti kulit kepala, cenderung lebih mudah menyerap magnesium. Walau demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan manfaat garam Epsom ini.

Cara penggunaannya garam Epsom untuk perawatan rambut dan kulit kepala pun berbeda-beda, tergantung dari masalah rambut yang Anda miliki, di antaranya:

  1. Rambut Berminyak

    Bagi Anda yang memiliki masalah rambut berminyak, ada baiknya campurkan garam Epsom dengan sampo yang biasa Anda pakai supaya hasilnya lebih maksimal. Cara ini membantu menyeimbangkan kadar minyak di rambut sekaligus membuat rambut Anda tampak lebih tebal.

Langkah-langkah memanfaatkan garam Epsom untuk mengatasi rambut berminyak adalah:

  • Campurkan 2 sdm garam Epsom ke dalam sebotol sampo khusus untuk rambut berminyak. Kocok hingga garamnya larut.
  • Tuang sedikit sampo garam Epsom ke tangan, lalu gosok dan pijat kulit kepala Anda secara perlahan.
  • Bilas rambut hingga bersih.
  • Ulangi keramas satu kali lagi. Ya, sebaiknya lakukan keramas sebanyak dua kali. Keramas yang pertama berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan minyak di kepala, sedangkan yang kedua bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan magnesium ke dalam kulit kepala.
  • Bilas lagi hingga bersih, lalu keringkan.
  • Cukup lakukan cara ini sesekali untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Terlalu sering keramas dengan sampo garam Epsom justru dapat membuat rambut jadi kering.

  1. Rambut Kering Dan Rapuh

    Beda dengan sebelumnya, orang yang punya masalah rambut kering dan rapuh tidak dianjurkan untuk keramas dengan campuran garam Epsom dan sampo. Pasalnya, cara ini justru dapat membuat rambut Anda semakin kering dan rusak. Sebagai solusinya, Anda dapat mencampurkan garam Epsom dengan kondisioner untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala. Ini juga dapat meningkatkan volume rambut sehingga membuat rambut tampak lebih tebal.

Berikut ini cara memanfaatkan garam Epsom untuk mengatasi rambut kering.

  • Campurkan garam Epsom dan kondisioner di dalam mangkuk dengan perbandingan 1:1.
  • Panaskan kondisioner garam Epsom di dalam microwave selama 30 detik, lalu aduk hingga rata. Ambil sedikit kondisioner dan pastikan tidak terlalu panas atau dingin.
  • Cuci rambut Anda seperti biasa dengan menggunakan kondisioner garam Epsom. Gosokkan secara perlahan dan lebih lama supaya kandungan magnesiumnya terserap sempurna ke kulit kepala hingga ke akar rambut.
  • Biarkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Sama seperti sebelumnya, lakukan cara ini hanya sesekali dan tidak terlalu sering. Bukannya membuat rambut jadi sehat, keseringan keramas pakai kondisioner garam Epsom malah dapat memperparah rambut kering Anda.

Demikianlah tadi sedikit informasi cara merawat kesehatan rambut dan kulit kepala menggunakan garam Epsom. Semoga informasi di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Ragam Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak