Harga Pangan Naik di Awal Ramadhan, Mendag Zulhas Beberkan Hal Ini

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (foto: istimewa)

Kondisi itu membuat produk beras turun yang hanya 2,8 juta ton pada Januari-Maret, sehingga pasokan ke pasar-pasar juga ikut turun.

“Berdasarkan data KSA Januari-Maret, produksi beras lebih rendah sekitar 2,82 juta ton dibandingkan produksi tahun lalu akibatnya harga gabah naik menembus Rp8.000 di penggilingan,” bebernya.

Baca Juga:  Kasus Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Puan Maharani Minta Evaluasi Sistem Keamanan Transportasi

Selain itu, hal yang sama terjadi pada komoditas minyak goreng, karena pemenuhan pasokan minyak goreng oleh pemenuhan dalam negeri yang menurun membuat pasokan berkurang. Akan tetapi, permintaan minyak goreng justru meningkat.

Baca Juga:  Hasbullah Rahmad: Pansus VI Mengkritisi Tidak Seimbangnya Laju Pertumbuhan Penduduk dengan Kawasan Pertanian Pangan

“Namun, kenaikan minyak curah goreng tidak dapat dihindari karena menurunnya DMO minyak curah. Hal itu imbas dari masih lesunya ekspor CPO dan produk turunnya dari DMO bulan lalu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Menimbang Hak Imunitas Arteria Dahlan dalam Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Bahasa Sunda

“Realisasi DMO akhir Februari 2024, 123.536 ton baru mencapai 41,2% dari target. Sisi positifnya minyakita terjaga, minyak curah 56.992 ton, minyakita 66.550 ton dari total pasokan,” tambahnya.