Tiga Keutamaan Sholat Tarawih Saat Bulan Ramadhan, Bisa Bikin Diampuni Dosa

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti umat muslim seluruh dunia. Rasa gembira turut menyertai datangnya bulan suci ramadhan. Karena didalam bulan suci ramadhan umat muslim wajib menjalankan puasa selama 1 bulan penuh. Tak kalah penting dari itu, selama bulan suci ini pun umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat tarawih.

Sholat tarawih hukumnya Sunnah Muakad dan bisa dilaksanakan sendirian atau berjamaah. Umumnya, sholat tarawih ini dilaksanakan sebanyak 20 rakaat ditambah 3 rakaat sholat witir dan dilaksanakan pada waktu setelah sholat Isya’.

Selain itu, sholat tarawih juga membawa banyak sekali manfaat. Jika dilihat dari segi kesehatan, sholat tarawih bisa dianggap sebagai olah raga ringan yang dilakukan malam hari karena pagi harinya orang yang menjalankan ibadah puasa pada umumnya mengurangi aktivitasnya, sehingga orang yang melakukan sholat tarawih pada malam hari tubuhnya tetap fit dan segar bugar meskipun dalam keadaan berpuasa.

Baca Juga:  Disdagin Kota Bandung: Musim Penghujan, Harga Cabai Merah Naik Dua Kali Lipat

Bukan hanya itu saja, ternyata masih banyak keutamaan Shalat Tarawih dan Witir saat bulan Ramdhan. Diantaranya yaitu:

Pertama. Dosa-dosa Diampuni – Keutamaan shalat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits sahih berikut ini:

Baca Juga:  Tiga TPU Ini Telah Makamkan Puluhan Jenazah Corona di Kota Bogor

“Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR. Bukhari Muslim).

Kedua. Setara dengan Qiyamul Lail Jika Berjamaah – keutamaan shalat tarawih yakni umat Islam dapat mengerjakannya secara berjamaah, baik di masjid atau pun rumah sendiri. Sementara itu, shalat yang dikerjakan secara berjamaah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

Hal tersebut juga disebutkan dalam sebuah hadist yang artinya:

“Sesungguhnya, siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga:  Massa Aksi Terobos Masuk, Unras di DPRD Jabar Ricuh

Ketiga. Menguatkan Tali Silaturahmi – Keutamaan shalat tarawih yang berikutnya adalah mampu memperkuat tali silaturahmi antara umat Islam. Saat dilakukan berjamaah di masjid, maka muslim pun dapat bertemu dan bercakap-cakap sehingga tali persaudaraan akan semakin terjalin.

Sesuai dengan salah satu hadist yang berarti:

“Seseorang yang menyambung tali silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan dengan kebaikan. Akan tetapi seorang yang menyambung tali silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari). (Mal)