Begini Cara Mengecat Rumah Dengan Benar, Simak Tipsnya

JABARNEWS | BANDUNG – Mengecat rumah bisa dibilang bagian yang cukup mudah dilakukan. Namun, setidaknya kamu juga harus tahu cara mengecat tembok yang benar.

Sebab, tak sedikit tukang bangunan yang “nakal”, dan sembarangan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Sehingga akhirnya, hasil cat tidak maksimal dan tidak bisa bertahan lama.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara yang benar untuk mengecat rumah yakni:

Pertama. Cat dasar dinding dengan alkali sealer – Banyak orang yang langsung mengecat tembok dengan cat warna setelah proses plester dinding selesai. Padahal, ini salah besar dan malah membuat warna tembok menjadi tak sempurna dan cepat pudar.

Baca Juga:  Tsunami Ancam Pandeglang dan 6 Kawasan Di Jabar

Seharusnya setelah tembok setelah diaci, lapisi tembok dengan alkali sealer sebagai cat dasar sebelum dilakukan pengecatan warna. Dengan alkali sealer, warna cat menjadi lebih konsisten merata, anti jamur, dan kamu bisa lebih menghemat top coat.

Baca Juga:  Meski Tak Masuk PPKM, Polisi di Purwakarta Gencar Ingatkan Protokol Kesehatan

Kedua. Cat sudut dinding dengan cat warna – sebelum mengecat seluruh bagian tembok, pertama-tama cat terlebih dahulu bagian sudut yang sulit dijangkau dengan kuas tembok biasa.

Supaya memudahkan kalian, sambungkan kuas tersebut dengan pipa paralon, kayu atau bambu, sesuai kebutuhan. Lakukan berulang kali sehingga sudut dan siku tertutupi merata dengan warna cat yang diinginkan.

Baca Juga:  Soal Sujud Freestyle, IPNU Purwakarta Tegaskan Ibadah Tidak Untuk Candaan

Ketiga. Gunakan roll cat – Siapkan dulu cat warna, bak cat, roll cat, dan tongkat roll cat. Aplikasikan dari bawah ke atas atau atas ke bawah, dengan catatan jangan sampai terputus di tengah.

Hindari mengangkat roll cat karena bisa membuat warna menumpuk dan hasilnya menjadi tebal tipis tak merata. Supaya lebih mudah, gunakan pola roll yang membentuk huruf “V”. (Red)