Berikut Beberapa Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Teh putih terbuat dari tanaman Camellia sinensis. Sebenarnya teh hijau dan teh hitam juga dibuat dari tanaman Camellia sinensis. Namun, metode pengolahan membuat jenis-jenis teh ini memiliki rasa dan aroma yang unik.

Selain itu, teh putih juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketimbang teh hitam dan teh hijau, teh putih melewati proses produksi paling minim. Maka kandungan antioksidannya paling tinggi di antara kedua jenis tersebut.

Baca Juga:  Iriawan: Geyser Cisolok Harus Berstandar Internasional

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat teh putih bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Melawan radikal bebas – Teh putih kaya akan polifenol yang disebut dengan katekin. Polifenol adalah molekul nabati yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas merupakan senyawa berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh. Peradangan kronis, kanker, hingga penuaan dini merupakan efek buruk dari radikal bebas di dalam tubuh.

Baca Juga:  Polres Asahan Gelar Vaksinasi Massal Covid-19, Sasar 1200 Peserta

Kedua. Menurunkan risiko osteoporosis – Osteoporosis adalah kondisi saat tulang berlubang dan keropos. Salah satu hal yang menyebabkan kondisi ini adalah peradangan kronis akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Jika dibiarkan hal ini bisa menekan sel yang membantu pertumbuhan tulang dan mendorong produksi sel yang memecah tulang. Akibatnya, pengeroposan tulang tak bisa dihindarkan.

Baca Juga:  Kota Bogor Miliki Angkot Modern, Ini Penampakannya

Kedua. Menjaga kesehatan gigi – Teh putih mengandung fluoride, katekin, dan tanin. Kombinasi berbagai molekul ini bisa membantu memperkuat gigi dengan melawan bakteri dan gula.

Fluoride termasuk zat yang membantu mencegah gigi berlubang. Caranya dengan membuat permukaan gigi lebih tahan terhadap serangan asam oleh bakteri akibat gula. (Red)