Bupati Cianjur: Kalau Sudah PPKM Level 2 Wisata Bisa Buka

JABARNEWS | CIANJUR – Destinasi wisata di Kabupaten Cianjur bulum diperbolehkan dibuka untuk sementara waktu, karena pemerintah saat ini telah kembali memperpanjang PPKM Level 4.

Larangan tempat wisata di Cianjur belum diperbolehkan buka itu juga juga berdasarkan surat edaran dari Bupati Cianjur Nomor 443.1 / 5143 / KESRA yang menjelaskan bahwa fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) ditutup sementara.

Baca Juga:  Asyik, Tanggal 5 Juli ASN Depok Dapat Gaji 13

“Masih belum bisa. Kalau sudah PPKM Level 2 baru bisa (wisata Cianjur buka). Kita tunggu sampai tanggal 9, ya,” ujar Bupati Cianjur, Herman Suherman dilansir dari Suara.com, Jumat (8/6/2021).

Kondisi ini pun membuat pelaku wisata mengeluh. Salah satunya adalah Wisata Alam Sevillage. Menurut Manajer Wisata Alam Sevillage, Hevny mengatakan, pihaknya dilema dengan kondisi seperti ini.

“Sebenernya dilema, kita berpikir bahwa pemerintah membingungkan menurut saya. Kemarin beberapa kali perpanjangan, memang kemarin katanya untuk sekelas resto, hotel dan cafe itu bisa dibuka. Tapi itu menjadi kerugian tersendiri bagi kami karena restoran dan cafe yang kita miliki itu ada di kawasan wisatanya,” kata dia.

Baca Juga:  Peristiwa Kebakaran Maut di Lapas Tanggrang, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka

Ia khawatir, apabila restoran dan cafe yang ada di kawasan Wisata Alam Sevillage dibuka, masyarakat mengasumsikan bahwa wisatanya yang telah dibuka.

Baca Juga:  Epidemiolog Unpad Sebut Vaksin Kurangi Angka Kesakitan dan Kematian

“Meskipun memang nanti kita akan meeting apakah kita akan buka kedai kopi atau restorannya saja,” jelas dia.

Pihaknya berharap, pemerintah bisa memberikan ketenangan dan jaminan bagi para pelaku wisata. Ia menilai, wilayah Cianjur utara dan Puncak akan menjadi pusat destinasi wisata beberapa tahun ke depan.

“Harapannya ada kebijakan yang tentunya tidak melanggar protokol dan meningkatkan gairah pariwisata,” tandas dia. (Red)