Anggota Tubuh Sering Kesemutan, Kenali Ini Penyebabnya

Kesemutan pada anggota tubuh bisa disebabkan beberapa faktor
Kesemutan pada anggota tubuh bisa disebabkan beberapa faktor. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTAKesemutan merupakan sensasi yang umumnya dirasakan sebagai rasa mati rasa atau kesulitan gerakan pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan, kaki, atau lengan.

Sensasi ini sering disertai dengan sensasi kejutan atau jarum yang menusuk, dan dapat terjadi dalam jangka waktu yang singkat atau berkepanjangan.

Baca Juga:  Viral! Terjadi Kerumunan di The Jungle Bogor, Apa Kata Pemerintah?

Selain itu, ada kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan kesemutan. Penyakit saraf, seperti neuropati, atau kondisi kesehatan seperti diabetes atau sindrom terowongan karpal dapat mempengaruhi saraf dan menyebabkan sensasi kesemutan yang berkepanjangan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini, Lebih Santai Dalam Menghadapi Masalah

Saat kesemutan terjadi, mungkin kita merasa khawatir atau bingung tentang apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita. Namun, dalam kebanyakan kasus, kesemutan adalah gejala sementara yang tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya begitu tekanan pada saraf berkurang.

Baca Juga:  Siswi SMK Ikut Tawuran, Kapolsek Sawangan: ’’Mau Jadi Apa Kalian?’’

Penting untuk mencari penyebab yang mendasari kesemutan yang berulang atau berkepanjangan. Jika kesemutan terjadi secara teratur dan mengganggu aktivitas sehari-hari, berkonsultasilah dengan tenaga medis atau dokter untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut. Mereka dapat membantu mengidentifikasi penyebab dan memberikan perawatan yang sesuai.