Demi Ambisi Putra Mahkota, Arab Saudi Bangun ‘Surga Alkohol’ di Kota Ini

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman.
Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ ARAB SAUDI – Sejak Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) diangkat menjadi Putra Mahkota, Arab Saudi mengalami banyak perubahan kebijakan. Tak sedikit yang menganggap, kebijakan-kebijakan tersebut tak lazim dengan kebijakan-kebijakan raja pendahulunya.

Kabar terbaru, Pangeran MbS akan membangun ‘Surga Alkohol’ di Kota Neom. Tentu saja bukan sebuah rencana biasa, mengingat selama ini Arab Saudi mengharamkan alkohol di seluruh wilayahnya. Melalui kebijakan barunya ini, secara tidak langsung Arab Saudi ‘menghalalkan’ alkohol di wilayahnya.

Baca Juga:  Mengenal Paket Haji Furoda yang Tawarkan Fasilitas Mewah di Padang Arafah

Di kota Neom dipilih menjadi lokasi rencana ambisius Pangeran MbS tersebut. Neom merupakan sebuah kota perdagangan bebas masa depan yang dicanangkan oleh Kerajaan Arab Saudi. Dengan dukungan perusahaan minyak Saudi Aramco, Kota Neom sebagai  ‘Surga Alkohol’ pun sudah dipublikasikan kepada khalayak pada akhir Oktober 2017.

Baca Juga:  Ini Dia Balasan Puisi Untuk Sukmawati

Neom merupakan bagian dari mega proyek Saudi di Pulau Sindalah dekat Laut Merah. Resor ini rencananya dibuka pada 2023 mendatang.

Baca Juga:  Calon Jemaah Haji Mulai Boleh Berangkat Tahun Ini, Tapi Ada Syarat dari Pemerintah Arab Saudi

Luas kota ini direncanakan mencapai 26.500 km² dan melintasi tiga negara yakni Arab Saudi, Mesir, dan Yordania. Di kota ini pula, otoritas Arab Saudi akan mengizinkan penjualan dan konsumsi minuman beralkohol wine, koktail, hingga sampanye di sebuah resor.