Jangan Anggap Enteng, Begini Akibatnya Jika Kekurangan Vitamin D

Dampak kekurangan vitamin D (1)
Dampak kekurangan vitamin D. (foto: istimewa)

Beberapa penelitian bahkan mengindikasikan bahwa asupan yang cukup dari Vitamin D dapat berkontribusi pada kesejahteraan mental. Salah satunya adalah penelitian yang menghubungkan kadar rendah vitamin D dengan gejala depresi, terutama pada kelompok lansia.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa suplementasi Vitamin D dapat mengurangi gejala yang dialami oleh individu yang mengidap depresi. Selain itu, Vitamin D memiliki peran dalam produksi hormon dan pengembangan fungsi otak, yang mengendalikan suasana hati.

Baca Juga:  Wah! Menkes Budi Gunadi Sebut Orang Indonesia Kekurangan Vitamin D

Sebagai antioksidan, Vitamin D juga membantu mencegah peradangan di sistem saraf dan otak. Selain itu, Vitamin D juga memengaruhi produksi hormon monoamin yang penting bagi otak, mirip dengan beberapa jenis obat antidepresan yang digunakan untuk mengatasi depresi.

Baca Juga:  Virus Lupa Hinggap Di Saksi Kasus Perjalanan Dinas Bimtek Fiktif

Meskipun gangguan kesehatan mental seperti depresi dipengaruhi oleh banyak faktor, asupan Vitamin D merupakan salah satu elemen penting untuk mendukung fungsi otak. Mengonsumsi Vitamin D dapat mempercepat pemulihan otak dan meredakan gejala depresi. (red)

Baca Juga:  Zodiak Kesehatan 22 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Sagitarius dan Scorpio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News