Tiga Manfaat Buah Bidara Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Tahan tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat buah bidara didapatkan dari berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang dikandungnya. Buah ini paling baik dikonsumsi dalam kondisi segar ketika sedang setengah matang atau ketika warnanya hijau dengan sedikit bercak merah.

Jika dilihat dari kandungan gizinya, buah bidara berpotensi sebagai sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Tak heran jika buah bidara memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat buah bidara bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Tempat Wisata Bandung Disekitar Jalan Braga, Banyak Dikunjungi Wisatawan

Pertama. Menangkal radikal bebas – Manfaat Buah bidara yang pertama yakni bisa menagkal radikal bebas. Buah bidara memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa bioaktif di dalamnya.

Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

Kedua. Meningkatkan daya tahan tubuh – Kandungan vitamin C pada 100 g buah bidara bisa memenuhi hampir 100% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi ataupun menghasilkan antibodi.

Baca Juga:  Jelang Masa Mudik Lebaran, Pemprov Jabar Genjot Pemeliharaan Jalan

Tidak hanya terhadap infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, misalnya penyakit kanker. Ditambah lagi, buah bidara juga mengandung banyak asam triterpen yang pernah terbukti dapat membunuh sel kanker melanoma.

Ketiga. Melindungi hati dari kerusakan – Hati adalah organ tubuh yang sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan. Namun, sekalinya kerusakan terjadi, jaringan hati tidak bisa kembali seperti semula dan fungsinya akan menurun drastis.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Memakan Buah Segar Sebelum Makan Besar

Manfaat buah bidara dalam melindungi jaringan hati berasal dari kandungan senyawa bioaktifnya. Aktivitas antioksidan dari senyawa-senyawa ini dapat melindungi hati dari paparan senyawa kimia dan peradangan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit hati, misalnya sirosis dan kanker hati. (Red)