Gas Motor Ngempos Saat Ditarik?Awas! Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab gas motor ngempos atau kehilangan tenaga, disebabkan oleh berbagai faktor. Selain itu, terjadinya hal tersebut juga dapat membahayakan pengendara.

Untuk itu Kalian mesti mengetahui penyebab gas motor ngempos. Dengan begitu, kalian jadi bisa mengatasinya. Lalu, apa penyebab dari hilangnya tenaga saat motor digas?

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab gas motor mengepos yakni:

Pertama. Overheating Mesin – Mesin overheating akibat dari sistem pendinginan kendaraan yang tidak sempurna “tidak bekerja dengan baik”, overheating mesin ini menyebabkan komponen dalam mesin yang terbuat dari metal memuai secara ekstrim, terutama pada bagian piston “silinder”.

Baca Juga:  Kapolda Metro Jaya Tegaskan Warga Petamburan Harus Ikut Rapid Test

Bila piston sudah memuai maka pergesekan piston dengan dinding silinder akan semakin besar sehingga gerakannya menjadi lebih berat secara otomatis tenaga mesin menjadi berkurang “hilang”. Untuk hal ini bila suhu kendaraan sudah mulai naik yakni melebihi batas normal.

Kedua. Filter Udara Yang Kotor – Filter udara sangat besar peranannya yakni untuk menyaring udara dari kotoran, mesin membutuhkan oksigen dari udara untuk proses pembakaran. Maka apabila komponen filter udara sudah dipenuhi oleh kotoran “debu”, otomatis oksigen yang dapat dihisap oleh mesin pun akan menjadi sedikit karena pori-pori filter tersumbat oleh debu.

Baca Juga:  Seni Kuda Lumping Panggeuing Ati Tasikmalaya Gelar Aksi Sosial

Biasanya hal ini paling sering terjadi saat perjalanan jauh, karena sering melalui jalan yang banyak debu. Sebaiknya bersihkan saringan “filter udara” secara berkala bila memang sudah hampir mati “keras” maka segera dengan melakukan pergantian.

Ketiga. Sistem Pengapian Bermasalah – Dalam hal ini pengapian jelas sangat menentukan tenaga mesin, karena berhubungan dengan kinerja pembakaran, jika sistem pengapian bermasalah hal ini tentunya tenaga mesin juga akan menjadi menurun. Masalah pada sistem pengapian bisa disebabkan oleh banyak hal seperti rusaknya koil, kabel busi ataupun busi itu sendiri.

Baca Juga:  KPU Subang Klaim Coklit Sudah Dilaporkan Ke KPU Jabar

Dengan panasnya mesin yang secara terus menerus dapat mempengaruhi komponen dari sistem pengapian yang kondisinya kurang baik, seperti misalnya lapisan luar kabel busi yang sudah mulai mengeras, maka saat terkena panas secara terus menerus, kemungkinan lapisannya akan menjadi retak sehingga pengapian pun menjadi bocor. (Red)