Ini Penyebab Mesin Motor Jebol Yang Sering Terjadi

JABARNEWS | BANDUNG – Ada banyak penyebab mesin motor, hal itu tentunya kalian ketahui. Dengan begitu kalian bisa menghindari beberapa hal yang bisa menjadikan mesin bermasalah.

Banyak faktor memang yang bisa menyebabkan mesin motor jebol, selain karena tidak dirawat dengan baik, usia kendaraan bisa jadi salah satu alasan. Lalu, apa saja penyebab hal tersebut.

Berikut beberapa penyebab mesin motor jebol yakni:

Pertama. Telat Mengganti Oli Mesin – Hal ini seringkali diremehkan, padahal akibatnya bisa sangat fatal dimana mesin bisa jebol dan wajib turun mesin. Oli ini bertugas mendinginkan suhu dan meminimalisir gesekan yang terjadi pada mesin dengan mengisi celah-celah antara roda gigi gear dan bagian mesin lain.

Baca Juga:  Puluhan Siswa SMK Taruna Sakti Purwakarta Akan Dilatih Di School Sound Of Recording Jakarta

Jadi saat oli telah diganti maka akan terjadi gesekan yang semakin kasar pada mesin. Komponen di dalamnya akan cepat aus, bahkan akibat yang lebih fatal ialah komponen bisa patah seperti halnya pada setang sehernya.

Kedua. Sering Terobos Banjir – Menerobos banjir bisa mengakibatkan air masuk ke mesin dan bercampur dengan oli. Motor mulai berkurang performanya dimana kualitas pelumasan tidak akan sempurna karena ada air yang masuk ke dalamnya.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Etika Bekerja di Kantor Saat Pandemi Covid-19

Air banjir yang masuk ke mesin juga bisa mengakibatkan karatan dan berakibat motor mati mendadak saat digunakan. Turun mesin bisa menjadi solusi saat hal ini terjadi, tentunya biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit.

Ketiga. Tidak Melakukan Service Rutin – Banyak yang meremehkan urusan servis motor secara rutin. Salah satu alasannya adalah karena motor masih dalam performa yang baik. Padahal motor yang tidak rutin diservis bisa mengalami kerusakan hingga bisa turun mesin.

Baca Juga:  Porprov Jabar Diikuti 12.000 Atlet Junior dan Baru

Ada baiknya melakukan servis motor ke bengkel resmi, dengan demikian maka kalian akan diberitahu kapan saatnya untuk servis motor selanjutnya. Pada saat servis, maka semua komponen akan dicek, termasuk kelistrikan injektor dan CVT. Jika tidak dicek maka kalian tidak akan tahu apakah ada masalah pada motor atau tidak. (Red)