• Minggu, 5 Desember 2021

Dadang Kurniawan: Sumberdaya Sosial di Pangalengan Perlu Dikembangkan

- Senin, 22 Februari 2021 | 21:25 WIB
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan. (Foto: Dok. Humas DPRD Jabar).
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan. (Foto: Dok. Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan Menilai bahwa perlu adanya pemberdayaan sumberdaya sosial untuk menunjang pembangunan di Pangalengan.

Dia mengatakan, saat ini Pangalengan sedang mengalami perkembangan di berbagai sektor. Seperti di sektor perkebunan, pertanian, dan wisata.

"Saat ini Pangalengan sedang dalam pembangunan diberbagai sektor. Tentunya pembangunan itu harus ditunjang dengan sumberdaya sosial," kata pria yang akrab disapa Dadang Kurniawan ini di Bandung, Senin (22/2/2021).

Dia menjelaskan, masyarakat Pangalengan memiliki sumberdaya sosial yang potensial untuk dikembangkan. Hal ini yang sangat penting dalam pertanian adalah adanya sumberdaya sosial.

"Kemampuan kondisi sosial yang sangat berbeda, tidak bisa digeneralisir begitu saja. Masyarakat dengan interaksi sosial dinilai lebih mudah untuk menerima perubahan," jelas Anggota DPRD Jabar Dapil 2 (Kabupaten Bandung) ini.

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa dalam memberikan inovasi, ada tahapan yang harus dilalui masyarakat. Mulai dari memberikan motivasi, meningkatkan kemampuan hingga akhirnya masyarakat berpartisipasi dalam pemecahan masalah.

Dadang menyebut, dalam indikator pembangunan pedesaan berkelanjutan. Setidaknya ada tiga aspek yang harus dimasukkan, yakni sosial, ekonomi, dan lingkungan.

"Dalam aspek ekonomi tadi perlu menjadi indikator yang kemudian bisa dihitung before dan afternya. Sehingga dalam pemberdayaan sumberdaya sosial dapat menunjang pembangunan," pungkas Ketua Komisi V DPRD Jabar ini. (RNU)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X