Warga Panik! Tapanuli Selatan Diguncang Gempa, BMKG: Akibat Sesar Aktif Sumatera

JABARNEWS | TAPANULI SELATAN – Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,4 guncang Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Selasa (18/5/2021) pukul 05.40 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, episenter terletak pada koordinat 1.53 LU, dan 99.24 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Daya Tapanuli Selatan pada kedalaman 2 kilometer.

Baca Juga:  DPRD Jabar Berharap UMKM Dapat Ikut Dongkrak Pemulihan Ekonomi Gernas BBI

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, Sistem Sesar Sumatera pada segmen Toru,” katanya.

Menurutnya, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Padang Sidempuan dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga:  Pasar Darurat Leles Garut Ludes Terbakar, Pemerintah Pastikan Hal Ini

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ungkap Hartanto.

Terpisah, seorang warga Irwansyah Siregar mengaku merasakan getaran berasal dari guncangan gempa magnitudo 3,4 usai shalat subuh. Tapi guncangan tidak begitu besar dan hanya hitungan detik.

Baca Juga:  Ini Solusi Digital Ditawarkan Telkomsel Untuk Peruri

“Hampir panik juga, karena tiba-tiba ada getaran dalam rumah,” terangnya. (Ptr)