Aa Umbara Jadi Orang Pertama Yang Akan Disuntik Vaksin Sinovac di KBB

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (Dinkes KBB) memastikan Bupati Aa Umbara Sutisna akan menjadi yang pertama disuntik vaksin Covid-19 Sinovac.

Hal itu untuk membuktikan bahwa vaksin aman digunakan. Selain itu untuk menghapus informasi adanya keraguan di masyarakat KBB terkait keamanan dan kehalalan dari Vaksin Sinovac Covid-19 .

“Pa Bupati Aa Umbara Sutisna direncanakan menjadi orang pertama yang disuntik Vaksin Sinovac. Supaya masyarakat tidak ragu dan sanksi akan keamanannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan, KBB, Hernawan Widjayanto, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga:  Buaya 2,5 Meter Peliharaan Warga Purwakarta Dievakuasi, Pemiliknya Bingung

Kendati begitu, kata Hernawan, pihaknya belum bisa memastikan kapan Vaksin Sinovac didistribusikan ke KBB. Hingga kini persiapan terus dilakukan termasuk menyiapkan tempat penyimpanan di gudang Farmasi Cikalongwetan.

Baca Juga:  Imbas Konten Youtube Dedi Mulyadi, Mahasiswa STIE DR Khez Muttaqien Purwakarta Turun Aksi Ke Jalan

Nantinya semua vaksin akan di drop di sana untuk kemudian disuntikan ke yang sudah terdata. Yang pertama adalah tenaga kesehatan dan petugas di garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Sebab mereka banyak berinteraksi dengan masyarakat banyak.

Berdasarkan hitungan kalkulasi, Dinkes akan menyasar sebanyak-banyaknya penerima vaksin. Namun itu juga melihat vaksin yang diberikan, seperti tahap pertama akan disasar tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 3.506. Kemudian pelayan publik 48.725, masyarakat rentan 43.331, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 321.304 dan lansia 147.729.

Baca Juga:  Puncak Arus Mudik Diprediksi 29 April, Begini Persiapan Pengelola Tol Cipali

“Kami berharap vaksin yang didistribusikan ke KBB sebanyak itu supaya semua dapat, tapi kalau tidak akan ada skala prioritas nantinya,” kata dia.

Sumber: INews