Rumah Budaya Bakal Dibangun di Cibiru

Jabarnews.com | Bandung – Rumah Budaya Kota Bandung bertujuan mewadahi seni budaya di kawasan Cibiru Kota Bandung rencananya akan dibangun tahun ini. “Tahun ini insya Allah akan dibangun Rumah Budaya yang bertujuan untuk menampung budaya sunda di Cibiru khususnya, umumnya di Kota Bandung” ungkap Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial saat Gebyar Budaya Kreatif 4 di lapangan eks Tanah Makam Pahlawan Cipadung Legit, Sabtu (22/04/2017).

Baca Juga:  KPU Bekasi Jadwalkan Penetapan Anggota DPRD Terpilih

Selain rumah budaya yang akan dibangun untuk menunjang pelestarian budaya di kawasan ini, Mang Oded mengajak seluruh pelaku seni budaya di Kota Bandung untuk menjadikan budaya sebagai hiburan yyang mengedukasi. “Mari kita jadikan budaya ini tontonan yang menjadi contoh atau tuntunan,” ajaknya.

Camat Cibiru Ayi Sutarsa menambahkan di kawasan tanah eks TMP seluas 5261 meter2 nantinya akan dibangun Rumah Budaya untuk tidak melupakan jasa para pahlawan yang dimakamkan di kawasan ini.

Baca Juga:  Masih Bingung Mau Usaha di Produk Apa Saat Ramadhan? Baca Rekomendasi Ini

“Minimal aya cirina. Jadi kalau pun akan dibangun Rumah Budaya tidak menghilangkan atau melupakan kalau dulu disininya bekas taman makam pahlawan” terang Ayi.

Perhelatan seni budaya Gebyar Budaya Kreatif ini merupakan kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung bersama komunitas seni budaya dan lingkungan. Kegiatan ini sebagai upaya pelestarian dan pemanfaatan seni budaya serta penyelamatan dan pelestarian lingkungan.

Baca Juga:  Mbah Mijan: Ada Janji Belum Ditepati di Tol Cipularang

Perhelatan Gebyar Budaya Kreatif yang dikenal dengan tradisi Festival Reak dan Festival Benjang, tahun ini menampilkan sejumlah potensi seni tradisi di wilayah Kecamatan Cibiru. Selain menampilkan beberapa kesenian reak, juga kesenian singa depok, kuda renggong, reog, tarawangsa dan lainnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat