MGP Purwakarta Dilatih Penanganan Bencana

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pengurus dan anggota organisasi kemasyarakatan (Ormas) Manggala Garuda Putih (MGP) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mendapatkan pelatihan keterampilan penanganan bencana, Sabtu (7/3/2020).

Kegiatan yang digelar di Aula Kelurahan Munjuljaya, tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Penaggulangan Bencana Manggala Garuda Putih (BPB-MGP) Jawa Barat, serta dihadiri Muspika Kecamatan, perwakilan dari Dinas Pemadam Kebakaran, Karang Taruna Kelurahan dan relawan BPB-MGP Kabupaten Purwakarta.

Ketua DPP BPB-MGP Provinsi Jawa Barat, Cakra mengatakan pengetahuan dasar penanganan bencana sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya korban saat bencana terjadi.

“Sangat penting bagi kita berbagi informasi kebencanaan ini, pengetahuan yang diterima peserta pelatihan ini bisa disampaikan kepada keluarga tetangga dan lingkungan masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Ketua MGP Purwakarta Ramdan Juniar mengaku bangga, karena MGP menjadi ormas pertama di Jawa Barat yang bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terkait pemberian pelatihan penanganan bencana.

“Tadi anggota kita mendapatkan edukasi tata cara penanganan pertama korban bencana, mulai dari cara penanganan, cara menandu korban dengan alat seadanya, serta cara mengantisipasi luka dan penanganan lainnya,” kata Ramdan.

Sebagai penutup, Ramdan menambahkan, seluruh anggota MGP Purwakarta yang sudah mendapatkan pelatihan akan diminta membagikan ilmu yang sudah didapat kepada keluarga, tetangga dan masyarakat di Purwakarta. (Zal)