Tiga Cara Yang Bisa kalian Lakukan Untuk Mengontrol Gula Darah

JABARNEWS | BANDUNG – Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Namun, terlepas apa pun jenis diabetes yang Anda alami, mengonsumsi obat diabetes ataupun tidak, mengontrol kadar gula darah dengan pola hidup sehat harus Anda lakukan.

Mengendalikan gula darah dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memperhatikan asupan makanan, mengatur pola makan dan istirahat, berolahraga rutin, serta mengonsumsi suplemen untuk sumber vitamin tambahan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara mengontrol gula darah yakni:

Baca Juga:  Hari Ini, Hujan Guyur Sebagian Wilayah Jawa Barat

Pertama. Kurangi asupan makanan karbohidrat olahan – Karbohidrat olahan juga dikenal dengan sebutan karbohidrat sederhana. Jenis karbohidrat ini biasanya muncul dalam dua tipe utama, yakni gula dan biji-bijian olahan.

Beberapa sumber karbohidrat olahan yang umum adalah gula pasir, roti putih, nasi putih, soda, permen, sereal sarapan, dan beragam menu makanan penutup. Karbohidrat olahan telah dihilangkan dari hampir semua nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan serat.

Baca Juga:  Nelayan Hilang di Pantai Santolo Berhasil Ditemukan

Kedua. Aktif bergerak dan olahraga teratur – Salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah Anda adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu sel-sel di otot Anda mengambil lebih banyak glukosa dan mengubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan gula darah.

Apabila dilakukan secara rutin dalam jangka panjang, olahraga dapat membuat sel-sel tubuh lebih responsif terhadap hormon insulin sehingga mencegah resistensi insulin.

Ketiga. Makan lebih banyak serat Serat terdiri dari bagian makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Nutrisi ini sering dibagi menjadi dua kelompok, yakni serat larut dan serat tidak larut.

Baca Juga:  Sejumlah Napi Koruptor di Lapas Sukamiskin Berangsur Sembuh

Serat larut khususnya, dapat membantu mengontrol lonjakan gula darah. Hal itu dikarenakan, serat ini larut dalam air untuk membentuk zat seperti gel yang dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat di usus. Reaksi itu bisa menghasilkan kenaikan dan penurunan gula darah yang stabil. (Red)