BI Jabar Bekali Mahasiswa Penerima Beasiswa dari 4 PTN di Bandung

JABAR NEWS | BANDUNG – Generasi Baru Bank Indonesia (GENBI) merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Bank Indonesia (BI) mendukung segala bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas dari GENBI baik dalam bidang pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan yang didalami, minat dan bakat, sosial dan kemasyarakatan.

Tujuan program beasiswa BI adalah dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia (humas develoment index), meningkatkan motivasi belajar.

Program tersebut juga untuk menjamin keberlangsungan studi mahasiswa khususnya bagi yang mempunyai potensi akademik dan meningkatkan prestasi dalam bidang akademik atau non akademik.

Hal tersebut dikatakan Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat pada acara pelantikan dan edukasi kepada 100 mahasiswa penerima beasiswa dari 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung hari ini, Kamis (31/08/2017).

Baca Juga:  Update Harga Terbaru Bahan Pokok di Jawa Barat

Wiwiek menjelaskan, Perguruan Tinggi sebagai satuan pendidik merupakan komponen strategis dalam sistem pendidikan nasional guna mempersiapkan dan mencetak SDM yang tangguh, terampil, kompeten, kreatif dan inovatif.

Program beasiswa BI tidak hanya mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi maupun biaya hidup. Namun penerima beasiswa BI juga akan diwadahi sebuah komunitas yang di sebut dengan GENBI yang akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan terarah.

Selain pembekalan terkait Kebanksentralan, Fintech dan CIKUR, BI juga memfasilitasi pembekalan Leadirship bagi GENBI.

Baca Juga:  Mampir Yuk! Sumur Bandrek Surabi Nyumput Tambah Daftar Tempat Kuliner Di Purwakarta

Diharapkan program kerja yang baru dapat memberikan manfaat, kontribusi positif dan perubahan kearah yang lebih baik. Tidak hanya bagi komunitas GENBI tetapi juga bagi komunitas yang lebih besar cakupannya.

“Diharapkan dengan kegiatan edukasi tersebut mahasiswa menjadi lebih mengenal tugas dan peran BI dalam perekonomian bangsa. Pemberian materi Leadeship dapat menjadi bekal awal bagi GENBI untuk beroganisasi yang tidak hanya bermanfaat dalam menggerakkan komunitas tetapi juga saat mereka berinteraksi dengan masyarakat,” jelas

Pada tahun 2017 ini BI Jabar menyalurkan beasiswa sebesar Rp. 1 Milyar lebih. Adapun penerima beasiswa tersebut yaitu 40 mahasiswa UPI mendapatkan beasiswa reguler. 40 mahasiswa UIN berupa beasiswa reguler. 10 mahasiswa ITB berupa beasiswa unggulan dan 10 mahasiswa UNPAD dengan beasiswa unggulan.

Baca Juga:  10 Tips Mendapatkan Harga Hotel Murah untuk Staycation

“Besarnya beasiswa untuk reguler adalah Rp. 750 ribu/bulan dan Rp. 1,5 juta/bulan untuk beasiswa unggulan,” tutur Wiwiek.

Untuk diketahui, acara Pelantikan dan Edukasi GENBI dilaksanakan di Bale Pasundan, KPw BI Jabar. Tema yang diangkat yaitu Karya Nyata Bank Indonesia di Setiap Makna Indonesia melalui Sinergitas Kepemimpinan GENBI.

Acara dihadiri pula oleh Kepala Grup BI Jabar Ismet Inono dan perwakilan dari Rektor. Diantaranya, Prof.Dr. Didi Sukiyadi MA (UPI), Dr.Ir. Umar khayam MT (ITB) dan Prof. Dr.D. Dienaputra M. Hum (Unpad) serta Saepudin, S.PD.I, MA.g (UIN). (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat