Cek Fakta: Soal Anies Akan Bubarkan BUMN Jika Terpilih Menjadi Presiden Ternyata Hoaks

Hasil tangkap layar yang menyebutkan Anies akan membubarkan BUMN jika terpilih jadi presiden. Info ini ternyata hoaks.
Hasil tangkap layar yang menyebutkan Anies akan membubarkan BUMN jika terpilih jadi presiden. Info ini ternyata hoaks. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, kembali diserang dengan berita hoaks yang menyebutkan bahwa ia akan membubarkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jika terpilih sebagai presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

Baca Juga:  Anies Baswedan Serukan Seluruh Masjid di Jakarta Gelar Salat Gaib Untuk Eril

Berita hoaks tersebut, yang diunggah oleh sebuah akun Facebook pada 22 Juni 2022, telah menjadi perbincangan dan menimbulkan keraguan di kalangan masyarakat.

Tim Cek Fakta Kompas.com melakukan penelusuran terhadap klaim tersebut dan menemukan informasi yang mematahkan narasi yang beredar.

Baca Juga:  Heboh Surat Pengiriman Bantuan Kemendikbud Ristek ke Sekolah, Ini Faktanya

Melalui sebuah pemberitaan di kanal YouTube MetroTV pada Selasa (12/12/2023), Anies Baswedan secara tegas membantah bahwa ia memiliki niat untuk membubarkan BUMN.

Baca Juga:  Awas Hoaks, Prabowo Akan Bagikan Rp55 Juta bagi Warga Terlilit Hutang

Dalam klarifikasinya, Anies mengungkapkan harapannya untuk membangun kultur meritokratik di dalam BUMN. Ia juga menekankan pentingnya menerapkan asesmen kinerja yang baik di lembaga-lembaga tersebut.