[HOAKS] KPU Terima Pendaftaran Gibran karena Terima Surat dari Presiden Jokowi

Berita hoaks tentang KPU terima pendaftaran Gibran
Berita hoaks tentang KPU terima pendaftaran Gibran. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Sebuah unggahan viral melalui media sosial X menghebohkan netizen. Dalam unggahan tersebut menyebutkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) karena adanya surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga:  18.851 Anggota KPPS di Purwakarta Resmi Dilantik, Disertai Aksi Penanaman Pohon

Dilansir dari laman turnbackhoax.co.id, unggahan yang diunggah akun bernama @PartaiBurungGalak pada tanggal 3 April 2024 itu menampilkan tangkapan layar artikel dengan judul “Alasan KPU Terima Gibran jadi Cawapres, Ada Surat dari Jokowi”. Tak hanya itu, unggahan tersebut disertai narasi tambahan “Lamun sira sekti, aja mateni. Kirim surat aja”.

Baca Juga:  Isi Petisi Bumi Siliwangi, UPI Kritisi Kepemimpinan Jokowi

Namun, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut terhadap klaim tersebut, ternyata klaim tersebut tidak sepenuhnya akurat. Foto yang terdapat dalam unggahan tersebut sebenarnya merupakan tangkapan layar dari artikel yang diunggah oleh Bloomberg Technoz pada tanggal 1 April 2024.

Baca Juga:  Heboh Program Penyebaran Nyamuk Wolbachia Bisa Sebabkan Penyakit Japanese Encephalitis

Saat artikel tersebut dibaca secara menyeluruh, terungkap bahwa judulnya bersifat clickbait, dimana tidak mencerminkan sepenuhnya isi dari artikel tersebut.