[HOAKS] Pendaftaran Undian Rejeki BNI Khusus Nasabah Pengguna Mobile Banking

Akun Facebook mengatasnamakan BNI mengunggah informasi pendaftaran Undian Rezeki BNI
Akun Facebook mengatasnamakan BNI mengunggah informasi pendaftaran Undian Rezeki BNI

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebuah akun Facebook mengatasnamakan Bank BNI (PT Bank Negara Indonesia) mengunggah informasi pendaftaran Undian Tabungan Bank BNI (Undian Rejeki BNI), informasi tersebut diunggah pada 17 Januari 2024.

Keterangan pada unggahan yang mengklaim pendaftaran Undian Rejeki BNI ditulis sebagai berikut:

“Khusus Nasabah Bank BNI Yang Sudah Menggunakan *BNI Mobile Bangking*

UNDIAN TABUNGAN BANK BNI (Undian REJEKI BNI)

Berhadiah dari Bank BNI#

Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti :

– Grand Prize Mobil
-1 unit mobil Alphard
-1 unit mobil CR-V Turbo
-1 unit mobil HR-V CVT
-1 unit mobil Xpander
-1 unit mobil Fortuner
-1 unit mobil BR-V
-1 unit mobil Brio
-1 unit Mobil BMW.
– 10 unit Motor Scopy
– 8 unit Motor Xmax
– 10 Unit TV Led 50 in.
– 20 unit Smartphone promax14
– 100emas batangan & Logam mulia.
– 10 Paket Wisata singgapore
– 10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya… Info lebih lanjut tentang pendaftaran (UNDIAN REJEKI BANK BNI) silakan klik menu (Daftar) Yang kami telah sediahkan..”

Tangkapan layar akun facebook mengatasnamakan BNI yang mengunggah informasi pendaftaran Undian Rejeki BNI
Tangkapan layar akun facebook mengatasnamakan BNI yang mengunggah informasi pendaftaran Undian Rejeki BNI

Unggahan akun Facebook tersebut menyertakan tautan “https://tukar-hadiah-poin–bnl.web.app/?fbclid=IwAR12MnA5zhan6Pm986eUGmRpm4E4fuYwgizpXXEWmdYCEWVcnJ5e3RDhLtA” untuk mendaftar Undian Rezeki Bank BNI.

Baca Juga:  Gibran Disebut Alami Gangguan Tortikolis, Cek Faktanya

Tautan tersebut menuju ke halaman situs yang menampilkan gambar poster dengan tulisan: “Gebyar Hadiah BNI 2024” dengan gambar mobil, motor dan gadget.

Selain itu, dalam situs itu juga terdapat tulisan:

“Silahkan Ambil Kupon Hadiah anda dan dapatkan Hadiah Menarik Lainnya

Klik dibawah ini :”

Serta terdapat tombol yang bisa di-klik yang bertuliskan:

“KLIK
AMBIL KUPON DISINI”

Lantas, apakah klaim pendaftaran Undian Rejeki BNI benar? Simak penelusuran Cek Fakta Jabarnews.com.

Penelusuran Fakta

Jabarnews.com melakukan penelusuran terhadap klaim pendaftaran Undian Rejeki BNI. Penelusuran ini mengarah pada akun Instagram resmi BNI Kantor Cabang Medan @bnimedan.

Dalam salah satu unggahan akun Instagram tersebut, yang diunggah pada 8 Januari 2024 menjelaskan terkait peningkatan kasus program hadiah yang mengatasnamakan BNI.

Modus operandi penipuan ini meminta pengguna media sosial atau calon korban untuk mengisi nomor telepon, nomor kartu, hingga kode CVV di situs palsu dengan janji mendapatkan hadiah yang menarik.

Baca Juga:  Rektor UGM Pecat Ketua BEM Usai Kritisi Presiden Jokowi, Ini Faktanya

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“BNI meminta masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan program undian berhadiah yang marak di media sosial belakangan ini. Terbaru, penipuan program undian berhadiah mengatasnamakan BNI banyak tersebar di media sosial dengan tagline “Gebyar Undian Berhadiah”. BNI memastikan, hal tersebut merupakan PENIPUAN.

Saat ini, BNI tidak ada program undian berhadiah. Adapun link resmi BNI yang dapat diakses untuk mengetahui program-program BNI adalah https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/21588.

Oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan program tersebut untuk mengelabui korban dengan cara membawa narasi program yang telah usai tersebut dan menyebarkan link palsu yang ditujukan untuk melakukan penipuan.

Secara teknik modus penipuan yang digunakan oleh pelaku kejahatan tersebut adalah dengan membuat akun palsu mengatasnamakan BNI di Facebook. Kemudian pelaku membuat postingan dengan narasi bahwa adanya gebyar hadiah dari BNI. Dari postingan tersebut, calon korban diarahkan untuk mengeklik website phishing.

Website phishing meminta calon korban untuk mengisi nomor handphone, kredensial kartu debit seperti nomor kartu, expired date, kode CVV, hingga total saldo di rekening. Kemudian diakhiri dengan form pengisian kode OTP. Hal ini dapat menyebabkan kerugian finansial bagi siapa saja yang mengisinya.

Tak jarang, akun palsu mengatasnamakan BNI membuat postingan dengan mengambil konten terbaru dari akun resmi BNI kemudian menyelipkan narasi adanya gebyar hadiah yang mengarah pada website phishing. Oleh karena itu, jika menerima informasi mencurigakan, hubungi BNI Call 1500046 ya BNI Hi-Movers.”

Sementara itu, pada akun Instagram resmi Bank Negara Indonesia @bni46, terdapat unggahan yang memberikan peringatan agar kita waspada dan berhati-hati terhadap akun media sosial yang mengatasnamakan PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Baca Juga:  Cek Fakta: Inara Rusli Dikabarkan Beli Rumah Mewah Pasca Cerai dari Virgoun, Apakah Benar?

Perlu dicatat, bahwa akun Facebook resmi PT Bank Negara Indonesia adalah ‘BNI’ dengan status akun ‘centang biru’ (akun dengan lencana terverifikasi telah di-autentifikasi).

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Jabarnews.com, klaim pendaftaran Undian Rejeki BNI tidak benar.

Saat ini, BNI tidak ada program undian berhadiah. Informasi tentang program-program BNI dapat ditemukan di tautan (link) resmi BNI yang dapat di akses di https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/21588

Sumber:

https://www.instagram.com/p/C11I1NxLyNz/

https://www.instagram.com/p/C16Cj41r9qe/