Air Sungai Cibeet Karawang Menghitam dan Bau, Diduga Tercemar Limbah Perusahaan

Sungai Cibeet Karawang (1)
Kondisi air Sungai Cibeet Karawang menghitam dan mengeluarkan batu tak sedap. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ KARAWANG – Warga di sekitar Sungai Cibeet di Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, mengeluhkan kondisi sungai yang menghitam dan mengeluarkan bau yang tidak menyenangkan.

Sungai Cibeet memainkan peran penting sebagai sumber air bagi puluhan ribu penduduk Desa Wanajaya, Wanakerta, dan Mekarmulya.

Baca Juga:  Dinsos Sergai Salurkan Air Bersih Untuk Korban Banjir Sei Rampah

Pjs Kepala Desa Wanakerta, Suherman menjelaskan bahwa kondisi air Sungai Cibeet saat ini sangat buruk. Dengan kondisi itu, air Sungai Cibeet tidak mungkin digunakan oleh warga untuk mandi, mencuci, atau keperluan toilet.

Baca Juga:  Aceh Utara Diguncang Gempa Tektonik, Dirasakan hingga Lohkseumawe

Suherman menduga perubahan warna air pada sungai Cibeet akibat tercemar oleh limbah perusahaan. Apalagi kondisi itu dibarengi dengan bau tak sedap.

“Air berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau menyengat, diduga tercemar limbah perusahaan,” ujar Suherman, Senin (16/10/2023).

Baca Juga:  Waduh, Gegara Ini Tukang Parkir di Pasar Rengasdengklok Ditikam

Menurut Suherman, saat memasuki musim kemarau, warga akan memanfaatkan Sungai Cibeet untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci. Namun, dengan kondisi air yang buruk seperti ini, hal tersebut menjadi tidak mungkin.