Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, RSI Cianjur Harap Gunung Padang Masuk Tiga Besar

Ketua DPD RSI Cianjur saat berkunjung ke Wisata Situs Gunung Padang, didampingi dua pengelolaan (kuncen). (Foto: Mul/JabarNews).

Diketahui, Gunung Padang merupakan situs pra sejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat, di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Dan, bisa dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, di jalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Dan, luas kompek utama sekitar 900 meter persegi, terletak di ketinggian 885 meter. Dan, areal situs ini sekitar 3 hektar, menjadi sebagai komplek punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga:  Brutal! Pelajar di Cianjur Bacok Pengendara Secara Acak. Polisi: Korban Luka Parah!

Sambung Ketua DPD RSI Cianjur, sarana toilet (WC) lebih dipelihara dengan baik. Dan, kepada desa dan pemerintah daerah (Pemkab) Cianjur harap lebih memperhatikan, kalau bisa uang retribusi full masuk ke pengelola supaya bisa lebih maksimal dalam perawatan dan pengelolaannya.

Baca Juga:  Gempa Bumi di Cianjur Dirasakan hingga ke Bandung: BMKG Minta Warga Hati-hati Gempa Susulan

“Artinya tidak seimbang penghasilan Rp3 juta sebulan dibagi 20 orang pengelola desa wisata di sini,” katanya.

Dwi menambahkan, meskipun sudah ada Peraturan Daerah (Perda), mungkin bisa dikaji kembali. Dan, sarana sekarang lumayan baik, akses ke atas Gunung Padang sekarang sudah bisa dilalui ojek (motor) yang disediakan pengelola untuk wisatawan yang kesulitan menaiki tangga.

Baca Juga:  Pasca Gempa Cianjur, 2.800 Warga Cijedil Cugenang Terdampak dan 63 Jiwa Meninggal Dunia