ATC Bakal Dampingi Lombok Sampai Fase Recovery

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan terus memfasilitasi masyarakat yang akan memberikan bantuan kepada korban gempa di Lombok, NTB. Sampai saat ini, ribuan paket pangan akan disampaikan kepada para korban bencana gempa di Lombok.

’’Sekarang kita berangkatkan dari sini (Bandung, red) dari masyarakat Jawa Barat, kurang lebih ada enam ribu paket pangan. Isinya beras, minyak, dan gula,’’ jelas Head of ACT Jabar Adi Nurdiansyah ditemui usai melepas tujuh truk bantuan logistik di halaman kantor DPRD Jawa Barat, Jumat (10/8/2018).

Baca Juga:  Subang Kedatangan Pejabat Dari Kemenaker, Ada Apa?

Bantuan tersebut, kata dia, langsung dikirim sebagai bukti kepedulian masyarakat Jawa Barat untuk solidaritas masyarakat di Lombok. Saat ini Lombok masih dalam fase emergency dimana bantuan makanan terutama siap saji, alas tidur, dan kebutuhan bayi menjadi prioritas.

Baca Juga:  Ini Tiga Pekerjaan Rumah Yang Terus Dikebut Jelang Musim Mudik Lebaran 2022

Ia membeberkan, Fase emergency biasanya berlangsung selama satu pekan dan bisa diperpanjang tergantung pada BPBD setempat. Setelah dirasa aman, maka statusnya berubah menjadi proses recovery. Pada fase ini, ACT akan membantu lombok untuk bangun kembali.

’’Pada fase recovery kita bangun fasilitas umum. Salah satunya masjid, termasuk di Lombok juga ada beberapa sekolah, masjid, kemudian rumah sakit dan semua fasilitas umum yang rusak akan coba bantu bangun kembali,’’ tuturnya.

Baca Juga:  KAI Cirebon Sebut Ada 209 Pelayanan Barang Hilang Selama 2019

Fase recovery ini, menjadi salah satu program fokus ke depan. ’’Jadi, kita tidak akan berhenti hanya sampai proses emergency. Kenapa seperti itu, karena terkadang banyak pihak yang melupakan fase ini. Padahal ini hal yang penting,’’ pungkapnya. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat