Badan Geologi Beberkan Analisis Gempa Garut, Ternyata Penyebabnya

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dok. JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memaparkan hasil analisis tentang gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di wilayah Kabupaten Garut.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengatakan bahwa wilayah pesisir Jawa Barat selatan umumnya berupa dataran pantai yang berbatasan dengan morfologi perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal pada bagian utara.

Baca Juga:  Iwan Setiawan Siapkan Opsi Relokasi Korban Gempa di Desa Purwabakti Bogor

“Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi, kedalaman dan data mekanisme sumber dari BMKG, USGS Amerika Serikat dan GFZ Jerman, maka kejadian gempa bumi ini diakibatkan oleh aktivitas penunjaman atau dapat disebut juga gempa bumi intraslab dengan mekanisme sesar naik,” kata Wafid dalam keterangan yang diterima, Minggu (28/4/2024).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Pembangunan RS Edelweiss Cianjur Percontohan Kolaborasi Umara dan Ulama

“Lokasi pusat gempa bumi terletak di laut pada kedalaman menengah sehingga guncangan terasa pada daerah cukup luas di Jawa Barat,” tambahnya.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Selasa 22 Maret 2022

Wilayah ini secara umum tersusun oleh endapan Kuarter berupa aluvial pantai, aluvial sungai, batuan rombakan gunung api muda (breksi gunung api, lava, tuff) dan batuan berumur Tersier berupa batuan sedimen dan batuan rombakan gunung api.