Bapanas Pastikan Stok Pangan saat Ramadhan hingga Lebaran Aman

beras
Ilustrasi stok beras. (Foto: Pertanian.co.id).

“Target penderasan beras program SPHP ke seluruh Indonesia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, telah diminta untuk dilipatgandakan sampai 250 ribu ton dalam sebulan,” terangnya.

Dia mengungkapkan, selama Januari hingga Februari, sebanyak 7.596 ton beras SPHP telah memenuhi berbagai pasar ritel modern antara lain Hypermart, Ramayana, Indogrosir, Alfamart, Superindo, Lotte Mart, Lulu, Indomaret, Transmart, Tiptop, Foodhall, Naga, dan ritel modern lokal lainnya.

Baca Juga:  Warga Temukan Ladang Ganja di Gunung Karuhun

Sementara untuk beras komersial dari Perum Bulog juga terus disalurkan secara luas ke pasar-pasar. Targetnya sampai 30 Maret dapat memenuhi 250 ribu ton.

Baca Juga:  Ini Sosok Guru Ngaji Cabul di Purwakarta, Jika Lihat Langsung Lapor!

“Hari ini kita siapkan lagi 200 ribu ton sambil mengganjal sampai dengan panen di Maret. Kita minta tolong penggiling padi untuk bantu cetak beras yang 5 kilo untuk didistribusikan ke seluruh ritel, termasuk para tradisional,” ungkapnya.

Baca Juga:  Herman Suherman Minta Puskesmas se-Cianjur Tetap Beroperasi saat Lebaran, Sanksinya Mengerikan

Program kedua yakni Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) di berbagai daerah. Di Maret minggu pertama nanti, GPM akan dilaksanakan dalam menyambut Ramadhan. GPM rutin akan dilaksanakan selama Ramadhan sampai Idul Fitri.