Berikut Besaran Zakat Fitrah di 27 Kota/Kabupaten Berdasarkan Keputusan Baznas Jawa Barat

zakat fitrah
Baznas Jabar telah menetapkan besaran zakat fitrah 2024. (foto: ilustrasi)

JABARNEWS │ BANDUNG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan besaran zakat fitrah untuk Ramadan 1445 Hijriah di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Keputusan besaran zakat fitrah ini didasarkan pada surat edaran Baznas Jabar Nomor: 117/BAZNAS-JABAR/III/2024 yang telah ditandatangani oleh Ketua Baznas Jabar, Anang Jauharuddin.

Baca Juga:  Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem, Jawa Barat Gandeng BRAC International Asal Bangladesh

Dalam pengumuman resmi Baznas Jabar, besaran zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok, yaitu beras, adalah sebesar 2,5 kg (yang dikonsumsi setiap hari) atau setara dengan 3,5 liter per jiwa.

Baca Juga:  BPS Cianjur Lakukan Registrasi Sosial Ekonomi 2023, Ini Tujuannya

Namun, bagi yang ingin menunaikan zakat fitrah dalam bentuk uang, besaran tersebut disesuaikan dengan harga pasaran beras di masing-masing kota atau kabupaten.

Baca Juga:  Sore hingga Malam Hari Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat, Berikut Daftarnya

“Besaran tersebut adalah harga yang ditetapkan mengikuti standar harga yang berlaku pada setiap daerah dan disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi setiap hari,” demikian isi surat edaran tersebut yang dikeluarkan pada hari Senin (18/3).