Berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Pemkab Purwakarta terus Berupaya Kurangi Angka Pengangguran.

Penutupan pelatihan bertajuk Skill Development Center (SDC) Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

Menurutnya, lowongan kera di Kabupaten Purwakarta itu cukup tinggi. Namun, masyarakat Kabupaten Purwakarta masih banyak yang menganggur sehingga diperlukan lah pelatihan SDC ini.

“Peluang lowongan kerja itu cukup tinggi, tapi penyerapan untuk warga Purwakarta begitu renda. Jadi itulah fokus kami untuk meningkatkan kualitas SDM kami agar bisa bersaing dan bisa mendapatkan pekerjaan,” ungkap Ambu Anne.

Ditempat yang sama, Direktur Bina Kelembagaan Pelatih Vokasi Kementerian Ketenagakerjaan RI, Agung Nur Rohmad mengatakan, dengan adanya pelatihan ini, peserta yang mengikuti bisa lebih terampil dan menjadi wirausaha serta bisa membantu perekonomian Kabupaten Purwakarta.

“Pada pelatihan ini kan peserta mendapatkan sertifikat atas kemampuannya itu. Jadi itu bisa menjadi bukti bahwa orang ini mampu dan berkompeten di bidang tersebut sehingga bisa mempermudah dirinya juga saat melamar pekerjaan,” ujar Agung.

Ia mengatakan, program seperti SDC ini perlu dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya agar bisa menekan angka pengangguran di setiap daerah.