BNPB Berharap Masyarakat Cianjur di Zona Merah segera Pindah, Ini Alasannya

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ CIANJUR – Pembangunan rumah bagi korban gempa di wilayah Cianjur, Jawa Barat, telah selasai. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap masyarakat yang berada di daerah rawan gempa atau zona merah segera pindah ke lokasi yang disediakan.

Baca Juga:  Peringatan Dini BMKG, Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat Berpotensi di 15 Wilayah Ini

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto memastikan, pembangunan rumah bagi korban gempa di Desa Sirnagalih Cianjur sudah selesai. “Secepatnya masyarakat pindah secara bertahap,” ungkap Suharyanto dikutip Antara, Sabtu.

Menurutnya, pembangunan rumah di Desa Sirnagalih diprioritaskan bagi masyarakat yang berada di zona merah. Sementara bagi yang tidak berada di zona merah, masyarakat dapat membantun atau memperbaiki rumahnya secara mandiri melalui program bantuan pemerintah.

Baca Juga:  BNPB: Sebanyak 1.213 Keluarga di Garut Terdampak Bencana Banjir dan Longsor

Tak hanya itu, kata Suharyanto, masyarakat juga dapat membangun rumahnya melalui aplikator yang sudah teruji membangun rumah tahan gempa di daerah lainnya dengan bantuan TNI dan Polri.

Baca Juga:  Sejumlah Relawan Vaksin di Bandung Mundur dari Uji Klinis

Masih menurut Suharyanto, selama dua bulan terakhir, pihaknya dibantu sejumlah pihak terkait telah membersihkan puing-puing reruntuhan rumah sebanyak 2.722 unit dengan mengerahkan 77 eskavator dan 30 dump truck.