BSMSS Kodim Purwakarta Bangun Jalan Penghubung Dua Kecamatan

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Jalan yang berada di wilayah Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat saat ini mulai dilakukan pembangunan.

Pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Jatiluhur dengan Kecamatan Sukatani tersebut dibangun melalui program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sareksa (BSMSS) Komando Distrik Militer (Kodim) 0619 Purwakarta.

“Kegiatan BSMSS merupakan wujud sinergisitas antara TNI dan Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Purwakarta,” ujar Dandim 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana disela-sela kegiatan pra-BSMSS di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur, Jumat (07/04/2017).

Baca Juga:  Sukses Capai Target 50 Juta Pohon, Uu Ruzhanul Ulum Siap Gagas GTPP Jilid II

Ari menjelaskan BSMSS ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemda Purwakarta kepada masyarakat karena menganggarkan Rp 2,3 miliar dari APBD untuk program ini dengan sasaran perbaikan dan peningkatan jalan.

Adapun waktu pengerjaannya dibagi menjadi dua yaitu pra-BSMSS mulai 1 April hingga 9 Mei 2017 dan BSMSS dilaksanakan mulai 10 Mei hingga 23 Mei 2017 mendatang.

“Pengerjaan jalan ini selain oleh anggota TNI juga melibatkan berbagai elemen, yaitu dibantu kepolisian, FKPPI, PPM, Karang Taruna, dan warga setempat,” tuturnya.

Ari menjelaskan program sasaran fisik BSMSS ini yaitu melakukan peningkatan dan perbaikan jalan sepanjang 1,5 kilometer dengan titik awal di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur hingga Desa Tajursindang Kecamatan Sukatani.

Baca Juga:  1 Dari 8 Tahanan yang Kabur Berhasil Ditangkap

“Ini kegiatan fisik yang melakukan pelebaran jalan yang awalnya hanya 1,5 meter menjadi 4,5 meter dan akan di hotmix,” jelas Ari.

Adapun jumlah personel yang diturunkan sebanyak 150 satgas dibantu warga dari 10 desa se-Kecamatan Jatiluhur secara bergiliran. Setiap hari jumlah personel satgas dibantu warga yang bekerja totalnya sebanyak 300 orang.

Baca Juga:  Lebaran 2023, 44 Ribu Lebih Wisatawan Berlibur di Kota Bandung

Ari menambahkan, kegiatan BSMSS juga memiliki sasaran non fisik seperti pelaksanaan penyuluhan tentang ideologi dan bela negara, penyuluhan kesehatan, KB, HIV/AIDS, dan narkoba.

“Tidak lama lagi Kami akan menggelar sunatan massal, pengobatan gratis, olahraga bersama, hingga pembuatan SIM,” tambahnya.

Dandim berharap seluruh pihak yang terlibat dalam pra-BSMSS hingga BSMSS bisa bekerja secara ikhlas dan bersungguh-sungguh.

“Giat BSMSS yang melibatkan berbagai pihak ini akan bermuara pada kemanunggalan TNI dan rakyat. Salam Teritorial !,” tegas Dandim. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat