Budidaya Jambu Kristal di Purwakarta Menjanjikan, Ini Potensinya

Jambu Kristal
Petani buah jambu kristal yang ada di Desa Margasari, Pasawahan, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Budidaya Jambu Kristal bisa menjadi plihan, bagi anda yang ingin bercocok tanam. Tanaman yang satu ini bisa berbuah tanpa mengenal musim, akan tetapi pada musim kemarau produksi buahnya akan menurun jika di banding musim penghujan.

Salah satu petani buah kristal yang ada di Desa Margasari, Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Rahmat bercerita, setiap kali panen ia bisa memanen buah jambu ini hingga 50 kilogram.

Baca Juga:  Curug Cimata Indung, Surga Terpendam di Ujung Barat Kabupaten Purwakarta

“Kalo panen gimana di pohon banyaknya, terus kalo ada permintaan panen Bisa tiap hari. Kan berbuah dan matangnya tidak semua berbarengan, jadi kalo ada yang matang bisa di panen. Normalnya seminggu tiga kali, sekali panen bisa 50 kiloan mah,” ujar Rahmat diladangnya, pada Jumat, 13 Januari 2023.

Baca Juga:  Murka! Nama Baiknya Dirusak Berita Hoaks, Anne Ratna Mustika Siapkan Langkah Tegas Ini

Ia menjelaskan, buah yang siap panen salah satu cirinya adalah dari warnanya, buah sudah berwarna putih itu tandanya sudah siap di panen, sedangkan buah yang masih hijau belum bisa di panen.

Baca Juga:  Ratusan Polisi Kawal Aksi Demo Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Purwakarta

“Rasanya manis alami, dan buahnya lebih sehat, karena saya tidak terlalu banyak melakukan penyemprotan pestisida. Ada hama tapi tidak terlalu banyak karena batang yang sudah tidak produktif di pangkas,” jelasnya.