Cegah Penyebaran Polio pada Anak, Dinkes Purwakarta Bakal Lakukan Ini

Dinkes Purwakarta
Kabid P2P Dinkes Purwakarta, Eva Lystia Dewi. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta membenarkan terkait ada temuan kasus penyakit polio pertama yang terjadi di daerahnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Purwakarta, Eva Lystia Dewi mengatakan, kasus positif polio itu terjadi kepada anak berusia 4 tahun yang berada di wilayah Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Hari ini, Anne Ratna Mustika Jalani Sidang Perceraian Pertama di Pengadilan Agama Purwakarta

“Jadi berdasarkan hasil pemeriksaan lab yang kami dapatkan pada Selasa, 14 Maret 2023 kemarin, ada satu kasus dengan polio positif di anak usia 4 tahun,” ujar Eva saat ditemui di Kantor Dinkes Purwakarta, Senin, 20 Maret 2023.

Baca Juga:  Jamin Keamanan Masyarakat, Polisi di Purwakarta Lakukan Ini

Diketahui, anak penderita penyakit polio ini tidak menerima imunisasi sejak awal kelahiran. Eva menyebut, sang anak tersebut bahkan sudah teridentifikasi positif polio sejak usia 2 tahun, namun baru dikonfirmasi positif pada usia 4 tahun.

“Jadi memang saat pandemi Covid-19 di tahun 2020 dan 2021 pencapaian imunisasi di Kabupaten Purwakarta menurun. Kami biasanya bisa mencapai target 100 persen, pada saat pandemi itu hanya 95 persen. Sang anak yang terkonfirmasi polio itu ternyata memang tidak mendapatkan imunisasi,” jelas Eva.

Baca Juga:  Operasi Libas Lodaya 2024, Polres Purwakarta Ringkus Pelaku Curat yang Resahkan Warga