Dua Tahun Menunggu, Pembangunan Jembatan Ini Kelar Juga

JABARNEWS | GARUT – Tragedi banjir bandang dua tahun silam memang menyisakan tangis dan duka bagi warga Garut. Namun di balik tragedi itu tersimpan hikmah yang luar biasa. Setidaknya bagi warga Desa Sindanglaya, Kecamatan Karangpawitan dan Kampung Patrol, Kecamatan Banyuresmi.

Saat banjir bandang, Jembatan Cijambe yang sempat diresmikan Bupati Aceng Fikri terputus terbawa arus banjir bandang Sungai Cimanuk. Dua tahun lamanya transportasi warga kedua wilayah di Garut ini sempat terkendala. Jembatan rakit bambu memang sempat disiapkan warga setempat, namun ancaman datang menyelimuti warga dari derasnya aliran Sungai Cimanuk ini.

Baca Juga:  Pelaku Begal Payudara di Tasikmalaya Ternyata Seorang Remaja di Bawah Umur

Kini dua tahun sudah berlalu, ribuan warga kedua tempat ini boleh sumringah, bersyukur Jembatan Cijambe yang putus terbawa arus sudah berganti dengan jembatan rawayan yang didanai oleh Kementrian BUMN atas prakarsa Presiden Joko Widodo.

Dijelaskan Camat Karang Pawitan, Rena Sudrajat, S.Sos., M.Si., Jembatan Cijambe bukan sekadar jembatan biasa, tapi keberadaanya sangat berdampak karena menghubungkan Kecamatan Banyuresmi dan Kecamatan Karangpawitan. Jalur itu merupakan ekses utama bagi Kp. Patrol di Karangpawitan dan Desa Sindanglaya di Kecamatan Banyuresmi.

Dia menjelaskan, pascaterputusnya Jembatan Cijambe oleh amukan banjir bandang, aktivitas masyarakat, baik sektor ekonomi, pendidikan, maupun transportasi sempat lumpuh. Jembatan Cijambe merupakan penghubung nadi masyarakat Cijambe yang akan ke sekolah, belanja dan berpergian keluar.

Baca Juga:  Jawa Barat Butuh Banyak Pemekaran Kabupaten, Dedi Mulyadi Tegaskan Hal Ini

Atas berbagai upaya semua pihak termasuk pemerintah setempat. Hasilnya dari berbagai survey, lembaga, instansi, organisasi, Presiden RI Joko Widodo memberikan perhatian khusus terbangunnya kembali Jembatan Cijembe ini.

“Jembatan Cijambe merupakan jembatan percontohan di Indonesia. Di Indonesia terdapat 6 jembatan yang dibangun oleh Kementerian BUMN dan salah satunya adalah Jembatan Cijambe di Garut. Sebagai jembatan percontohan di Jawa Barat tak pelak berbagai kunjungan study dari kabupaten/kota di Indonesia acap kali datang ke Cijambe,” katanya.

Baca Juga:  Sebanyak 1,45 Juta Ton FABA Dimanfaatkan Masyarakat Jadi Material Batako dan Tanggul Laut

Kini keberadaan Jembatan Cijambe bukan lagi sekadar penunjang transportasi, tapi sudah mengarah pada destinasi wisata. Banyak pengunjung datang sekadar berselfi untuk menikmati pemandangan alam dan panorama bentangan Sungai Cimanuk yang meliuk-liuk dari atas Jembatan Cijambe.

Atas nama Pemerintah Kecamatan Karangpawitan, Rena mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, serta Kementrian BUMN atas selesainya pembangunan Jembatan Cijambe . Dengan Jembatan Cijambe kini Urat nadi perekonomian Pendidikan, dan Trasnpotasi masyarakat pulih. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat