Jawa Barat Butuh Banyak Pemekaran Kabupaten, Dedi Mulyadi Tegaskan Hal Ini

Politisi asal Partai Golkar Dedi Mulyadi */Instagram @dedimulyadi71/

JABARNEWS | BANDUNG – Dedi Mulyadi mengatakan bahwa Provinsi Jawa Barat sudah layak untuk melakukan pemekaran wilayah tingkat kota/kabupaten.

Mantan Bupati Purwakarta dua periode itu menilai bahwa Jawa Barat perlu dilakukan pemekaran untuk menambah jumlah kabupaten demi mengimbangi pertumbuhan penduduk dan ekonomi.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Usulkan Wilayah Subang Utara Jadi Daerah Otonom Baru, Ini Batas Wilayahnya

Sejauh ini, lanjut dia, Jawa Barat sudah melakukan beberapa pemekaran wilayah kota/kabupaten, namun dengan kebijakan otonomi yang salah.

Diketahui, Provinsi Jawa Barat jadi daerah dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Jawa Barat tembus 49,4 juta jiwa. Mengalahkan Jawa Timur (41,1 juta jiwa), Jawa Tengah (37,03 juta jiwa) dan DKI Jakarta (10,6 juta jiwa).

Baca Juga:  Dedi Mulyadi vs Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024, Mana yang Lebih Unggul?

“Otonomi di Provinsi Jawa Barat harus ada. Saya setuju pemekaran dilakukan, kabupaten diperbanyak. Berkaca pada zaman Pak Soeharto yang memekarkan kabupaten di Jawa Tengah jadi banyak, sehingga pertumbuhan lebih cepat karena mendapat sokongan Dana Alokasi Khusus (DAK) hingga Dana Alokasi Umum (DAU) yang lebih merata dan efektif,” kata Dedi Mulyadi dikutip Rabu (11/10/2023).

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Tipe Diabetes yang Menyerang Panji Petualang