Ducting di Kota Bandung Adalah Sebuah Kebutuhan, Bukan Hanya Soal Keindahan

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Drs. Riana

JABARNEWS | BANDUNG –  Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Drs. Riana menegaskan bahwa Ducting atau menurunkan kabel-kabel yang ada di udara dipindah ke dalam tanah yang sedang dilakukan Pemkot Bandung adalah sebuah kebutuhan untuk masyarakat, dan tidak hanya soal keindahan semata.

Hal ini diutarakanya dalam salah satu wawancara di stasiun radio swasta di Bandung, Kamis (17/3/2022).

Seperti diketahui, dalam rencana terkait Infrastruktur, Kota Bandung akan melaksanakan program pelaksanaan ducting secara luas.

Ducting merupakan proses infrastruktur untuk menampung kabel-kabel yang ada di udara, yang nantinya akan dipindahkan untuk disalurkan melalui bawah tanah.

Baca Juga:  Terungkap, Kuasa Hukum Bharada E Beberkan Fakta Terbaru

Dalam hal ini Komisi C DPRD Kota Bandung yang bergerak di bidang Infrastruktur telah melaksanakan rapat kerja terkait program pelaksanaan ducting.

“Kita sudah melaksanakan rapat kerja. Ini merupakan sebuah kebutuhan, bukan hanya keindahan sehingga ini harus didorong penurunan kabel udara menjadi kabel tanam,” katanya.

Ia menambahkan, Komisi C sudah mendorong kepada wali kota Bandung dan juga Diskominfo terkait 13 ruas jalan yang sudah memiliki saluran ducting dan secara bertahap akan dilaksanakan.

“Jadi ducting merupakan sebuah kebutuhan di kota bandung karena provider sudah menjamur luar biasa,” ujarnya.

Seperti contoh, di Jalan Ir.H. Djuanda telah ada 70 kabel yang sudah diturunkan.

Baca Juga:  Yana Optimistis Potensi Perkembangan Sepakbola Wanita Kota Bandung

“Kebutuhan Kota Bandung terkait ducting sekitar 402 Kilometer. Memang tidak ada jalan lain, kita harus menggandeng pihak ketiga untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur tersebut bersama BUMD PT BII, Diskominfo, dan Dinas Pekerjaan Umum,” ujarnya.

Menurut Riana, pelaksanaan ducting ini tidak boleh asal-asalan sehingga terlihat indah, aman dan nyaman. Riana juga mengimbau untuk masyarakat Kota Bandung agar jangan khawatir terganggu terkait pelaksanaan ducting ini karena segala sesuatunya telah diperhitungkan dan dipertimbangkan.

“Pengerjaan ducting tidak boleh asal-asalan sehingga indah, aman, dan nyaman, juga bisa dijadikan saluran drainase sehingga memenuhi syarat. Untuk Masyarakat jangan khawatir karena dengan teknologi yang sudah serba canggih ini sudah diperhitungkan dan dipertimbangkan, sehingga efektif tidak ada kendala dalam melaksanakan proses ini dan tidak ada pemborosan biaya,” katanya.

Baca Juga:  PKL Zona Merah dan Reklame di Kota Bandung, Segera Kembali Ditertibkan

Riana berharap dengan pelaksanaan infrastruktur ducting ini masyarakat Kota Bandung dan juga wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung dapat dengan nyaman beraktifitas di Kota Bandung.

“Saya mendukung Kota Bandung sebagai kota jasa dan wisata salah satunya terkait infrastruktur, sehingga masyarakat Kota Bandung dan juga wisatawan nyaman di kota bandung sehingga menjadi kota yang indah. (Humas DPRD Kota Bandung)