Duh! Caleg DPR RI Ini Lakukan Pelanggaran Pidana saat Kampanye di Cianjur

Ilustrasi kampanye Pemilu 2024
Ilustrasi kampanye Pemilu 2024. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menemukan dugaan dua pelanggaran Tindak Pidana Pemilu 2024 sepanjang tahapan kampanye.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Bawaslu Cianjur Yana Sopyan mengatakan bahwa dua dugaan pelanggaran itu dilakukan caleg DPR RI daerah pemilihan Jabar III Cianjur-Bogor dari Partai Gerindra, yakni Kamarussamad.

Baca Juga:  Dear Pengunjung Taman Alun-alun Cianjur, Ada Himbauan dari Bupati

“Dua register itu berasal dari satu kegiatan dugaan tindak pidana pemilu yang dilakukan caleg Partai Gerindra, dugaan pelanggaran yang dilakukan membagi-bagikan sembako dalam kampanye di Kecamatan Cikadu dan Naringgul,” kata Yana di Cianjur, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga:  Pasar Tanggeung Mangkrak, Jamica Minta Penegak Hukum Usut Tuntas

Bawaslu Cianjur melakukan register dugaan tindak pidana pemilu itu dengan nomor 005/REG/TM/PL/Kab/13.15/I/2024 dan 006/REG/TM/PL/Kab/13.15/I/2024 tanggal 15 Januari 2024, selanjutnya akan dilakukan pemanggilan saksi dan klarifikasi dari caleg.

Baca Juga:  Pegawai Dishub Kabupaten Cianjur Kena OTT

Selain dugaan pelanggaran yang dilakukan caleg DPR RI dari Partai Gerindra, pihaknya sempat menerima laporan dugaan pelanggaran lainnya, namun tidak diregister karena tidak memenuhi unsur formil dan materil, dan bukan kategori dugaan pelanggaran pemilu.