Duh! Kasus DBD di Ciamis Capai Puluhan Orang dari Januari hingga Februari 2023

Ilustrasi Kasus DBD. (Foto: iStockphoto).

Menurut dia, data pasien DBD ini sangat penting untuk penanganan DBD di lokasi tertentu. “Pentingnya data tiada lain sebagai jalan guna penanganan selanjutnya di lokasi atau daerah yang merupakan endemik nyamuk penyebab DBD. Artinya, di mana ada warga terkena DBD, maka kita langsung melakukan penanganan. Salah satunya fogging terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca Juga:  Ini Kronologi Lima Bocah SD Terseret Ombak di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

Lebih lanjut, Acep mengungkapkan, jumlah kasus DBD bulan Januari ada sekitar 20 orang. Rinciannya laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Sementara kasus DBD di Ciamis pada Februari ada 19 kasus. Rinciannya, laki-laki 10 orang dan perempuan 9 orang.

Baca Juga:  Ini Kronologi Seorang Perempuan Loncat dari Lantai Dua UPTD Pasar Manis Ciamis

Untuk jumlah kasus, Acep menyebut,tiap bulan akan terjadi kenaikan atau penurunan kasus sesuai dengan daerah endemik itu sendiri. Seperti daerah yang memiliki kepadatan penduduk, tentunya akan banyak warga terkena DBD.

Baca Juga:  Tiga Jenis Olahraga Ini Bisa Bikin Kamu Tumbuh Tinggi Alami

“Pendataan kasus tentunya terus kita lakukan dengan sebaran kasus yang beragam dari setiap kecamatan. Karena hampir seluruh kecamatan sekarang ditemukan kasus DBD, artinya pencegahan dan penanganan harus terus kita lakukan bersama-sama,” tandasnya. (Red)