Duh! Puluhan Orang di Desa Ciharashas Cianjur Keracunan Makanan Nasi Kotak

keracunan makanan
Ilustrasi keracunan makanan. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur mencatat, sebanyak 20 orang mengalami keracunan makanan setelah menyantap nasi kotak yang dibagikan saat kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Minggu (1/10/2023).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur, Frida Layla Yahya mengatakan bahwa data dari sementara dari petugas Puskesmas Cilaku, 20 warga yang mengalami keracunan mendapat penanganan medis di sejumlah tempat termasuk RSUD Cianjur.

Baca Juga:  Kota Bandung Alami Kelangkaan Beras Premium, Begini Kelurahan Pedagang

“Beberapa orang yang mendapat perawatan merupakan anak-anak semua sudah ditangani secara medis dan mulai membaik, dua orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD Cianjur dan dua orang lainnya di rumah sakit swasta dan puskesmas setempat,” kata Frida di Cianjur, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga:  Ini Alasan Harga Telur di Kota Bandung Melambung Tinggi, Ternyata...

Dia menjelaskan, pihaknya akan membawa sampel makanan yang diduga sebagai penyebab keracunan masal yang menimpa puluhan warga di Kampung Kebon Mangu, Desa Ciharashas usai menghadiri acara Mauldi Nabi, ke Labkesda Jabar guna memastikannya.

Baca Juga:  Soal Orientasi PPPK di Cianjur, Herman Suherman Beberkan Hal Ini

“Kami akan mengirim sampel makanan guna uji laboratorium, sehingga kami belum bisa memastikan penyebab keracunan, namun sebagian besar mengeluh sakit setelah menyantap nasi kotak yang didapat saat menghadiri Maulid Nabi,” jelasnya.