Elektabilitas Ridwan Kamil Jadi Cawapres Paling Tinggi, Ditempel AHY dan Sandiaga Uno

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa meski ada penurunan elektabilitas, hasil survei yang dibuka kepada publik pada 26 Maret 2023 itu menunjukkan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil sebagai Cawapres masih lebih tinggi dari kandidat lainnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dicecar Pertanyaan Soal Arah Politik, Capres Atau Pilgub DKI?

“Ridwan Kamil (RK) peringkat pertama. Tapi, selisihnya tidak terlalu jauh dibanding Sandi, AHY, dan Mas Erick,” kata Burhanuddin dipantau dari kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (26/3/2023).

Baca Juga:  Ditanya Soal TAP Bentukan Ridwan Kamil, Ketua Komisi I DPRD Jabar Asal PDIP Bedi Budiman Mingkem

Dalam survei yang dilaksanakan pada Februari dan Maret 2023 tersebut, RK dinilai paling pantas menjadi cawapres. Dia unggul dalam survei dengan simulasi 18 nama, simulasi 8 nama maupun simulasi 5 nama.

Baca Juga:  Hiburan Anak Ganggu Kekhusuan Puasa

Pada ketiga simulasi itu, elektabilitas RK selalu berada di atas 20 persen. Unggul dari nama-nama lain, seperti Sandiaga Salahuddin Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Erick Thohir yang elektabilitasnya masih di bawah 20 persen.