Ema Sumarna Minta Warga Pasar di Kota Bandung Ikut Kelola Sampah

Ema Sumarna
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengaku bahwa tumpukan sampah masih terjadi di sejumlah pasar tradisional. Oleh karenanya, dia mengajak pedagang untuk turut memilah sampah.

“Sampah pasar itu dominan. Warga pasar belum optimal memilah sampah. Apalagi mereduksi sampah, mereka itu inginnya membuang saja,” kata Ema, Selasa 24 Oktober 2023.

Baca Juga:  Siap-siap Lonjakan Kasus Covid-19, Begini Strategi Tangani Varian Omicron

“Ini yang segera dipaksa untuk edukasi, karena TPS itu tidak untuk organik dan anorganik, yang boleh itu hanya residu. Mereka harus belajar. Mau kapan lagi, ini harus bergerak,” imbuhnya.

Baca Juga:  Mampukah Kota Bandung Hadapi Resesi di Tahun 2023? Simak Disini!

Menurut Ema, pasar yang dikelola oleh Pemkot Bandung merupakan bagian organisasi yang harus mengikuti aturan. Pengelola pasar bisa bekerja sama dengan vendor bahkan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Baca Juga:  Pindah Rumah, Yossi Enggan Diliput Takut Disebut Lebay

“Perumda Pasar bagian organisasi pemerintahan, mereka harus berfikir lebih baik. Secara teknis mau kerja sama dengan vendor, atau secara intensif dengan DLH, kita sudah ingatkan. Jadi sampah bagian daripada tugas utama yang harus ditangani,” tegasnya.