Gurilem Edun Di Desa Batukarut Bandung Yang Melegenda

JABARNEWS | BANDUNG – Desa Batukarut ini memiliki satu kudapan yang cukup melegenda di Banjaran Kabupaten Bandung yakni Gurilem yang bernama kerupuk edun.

Berlokasi di Kampung Cihamerang, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Gurilem bermerk ‘Kerupuk Edun’ ini bermula pada tahun 1980 silam.

Bahan dasar dari gurilem edun ini sama dengan bahan dasar kerupuk gurilem pada umumnya, yaitu tepung tapioka. Namun yang berbeda yakni dari proses pembuatannya yang diolah dengan alat tradisional berbahan bakar batu bara.

Baca Juga:  Bikin Konten di Kebun Bunga Pematangsiantar, YouTuber Ini Ditikam Pengamen

Selain terkenal dengan gurilemnya, keberadaan Desa Batukarut ada sejak dahulu dan belum tahu persis kapan Desa Batukarut itu terbentuk, keberadaan Desa Batukarut tidak terlepas dari sejarah dan kebiasaan atau sesuatu yang tidak lazim keberadaannya di masyarakat.

Baca Juga:  Tas Berisi Rp. 24 Juta Ditemukan, Pemilik Berterimakasih Pada Polisi

Nama Batukarut sendiri berasal dari dua kata yaitu Batu dan Karut, Batu yaitu benda alam yang keras dan Karut yaitu sesuatu yang mengikat pada suatu benda. Menurut cerita dari sesepuh bahwa Batukarut diambil dari sebuah tempat.

Baca Juga:  Geger Penemuan Benda Mirip Bom Rakitan di Bekasi, Tim Jibom Diturunkan

Di tempat tersebut ada sebuah Batu berukuran besar yang tidak menapak ke tanah dan hanya diikat (dikarut) oleh akar secara alami yang menyelimuti batu tersebut yang sampai saat ini keberadaannya masih dijaga sebagai bukti cikal bakal nama Batukarut itu sendiri. (Red)